BADAN PANGAN NASIONAL
Festival Pangan B2SA Kota Tangerang, NFA Sampaikan Makan Tidak Hanya Kenyang, Makan Harus B2SA


Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan mengahadiri sekaligus menjadi juri pada perlombaan kreasi menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbamg dan Aman) pada Festival Pangan B2SA Kota Tangerang, Selasa (30/4/2024) di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.


Rinna Syawal, Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA menyampaikan masyarakat harus mulai membiasakan sumber pokok beras tidak harus menjadi sumber karbohidrat satu-satunya, begitupun sayur dan buah, dapat dihasilkan melalui memanfaatkan pekarangan rumah. 


"Makan tidak hanya kenyang, makan harus B2SA, makan harus dapat meningkatkan kesehatan, maka dari itu yang mula-mula yang kita ubah adalah mindset atau cara berpikir kita, selama cara berpikir kita makan harus nasi bagaimanapun tidak akan bisa diubah menjadi sumber karbohidrat yang lain. Selain itu, kami juga mengajak agar masyarakat mengoptimalkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan," seru Rinna.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang Muhdorun menyatakan, kegiatan ini menjadi ajang kampanye khususnya bagi masyarakat Kota Tangerang akan pentingnya mengonsumsi pangan yang B2SA dengan memanfaatkan potensi pangan di pekarangan.


“Ajang ini menjadi wadah kompetisi, kreativitas sekaligus kampanye kepada masyarakat baik ibu-ibu maupun generasi muda dalam memilih, mengolah serta menyajikan menu B2SA berbasis sumber daya lokal, terlebih dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tutur Muhdorun.


Festival ini turut dihadiri diantaranya Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Tangerang Zuraidiati Nurdin, Kepala Bidang Keanekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP Kota Tangerang Mamet Indiarto, serta lomba diikuti oleh peserta dari Tim Penggerak PKK se-Kota Tangerang dan siswa/i SMA dan SMK se-Kota Tangerang.





#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #menub2sa #kulinerb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #festivalpanganb2sa #kotatangerang

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.