BADAN PANGAN NASIONAL
Gandeng Hanan Academy dan MCA, NFA Berkolaborasi Adakan Pelatihan Olahan Ubi Bagi 100 Peserta Program Catering Academy

Sebagai upaya meningkatkan keterampilan pengolahan produk olahan ubi dan mendorong penganekaragaman konsumsi pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berkolaborasi dengan Hanan Academy dan Mother Chef Academy (MCA) selenggarakan Pelatihan Aneka Olahan Ubi, Makan Sehat Dari Olahan Alami yang diikuti oleh 100 peserta Program Catering Academy pada Sabtu (23/12/2023) di Kota Bandung, Jawa Barat.


Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, mengapresiasi sekaligus menilai bahwa pelatihan ini merupakan sebuah upaya yang mulia, sebab dengan menggunakan sumber bahan pangan lokal. Ia pun dengan optimis menyampaikan bahwa dengan mendongkrak pemanfaatan olahan pangan lokal dengan cara melakukan pengolahan secara kreatif, akan menjadikan olahan pangan lokal menarik minat masyarakat serta dapat meningkatkan nilai jualnya.


"Kami dari Badan Pangan Nasional sangat mengapresiasi pelatihan ini, yang mana salah satu tugas dari Badan Pangan Nasional itu adalah bagaimana memanfaatkan potensi pangan lokal yang ada. Oleh karena, Indonesia merupakan negara terkaya nomor 2 di dunia dengan sumber daya pangannya. Kita memiliki 77 sumber karbohidrat, yang salah satunya adalah ubi, bahan pangan lokal yang akan kita olah pada kesempatan kali ini" ungkap Rinna.


Selain itu, menurut Rinna, untuk menarik minat generasi muda mengonsumsi produk olahan ubi yang tak kalah manfaat baiknya bagi tubuh dibutuhkan diversifikasi produk olahan, seperti diolah menjadi makanan kekinian layaknya pasta, produk bakery, biskuit, dan makanan ringan lainnya.


“Oleh karena itu perlu dilakukan diversifikasi penggunaan bahan baku ubi, tidak hanya berpikir ubi dijadikan tepung, namun dapat juga dalam bentuk olahan ubi segar, maupun pati. Tentunya dengan pengetahuan dan teknologi sederhana untuk meningkatkan konsumsi, kemudian citra, sekaligus nilai tambah produk olahan ubi,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Founder Catering Academy Wandy Kurniadi menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini dan berharap agar peserta yang hadir dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk meningkatkan kesejahteraan dan dapat mengembangkan sektor UMKM pangan lokal khususnya Kota Bandung.


"Terima kasih kepada Badan Pangan Nasional yang telah mendorong dan mensupport kami, meningkatkan pengetahuan tentang pangan kepada kami dengan harapan UMKM yang kami bina ini menjadi naik kelas. Kami yakin, dengan berkolaborasi, bersama memajukan pengusaha UMKM sektor pangan lokal di negeri sendiri," ungkapnya.


Pelatihan ini turut dihadiri oleh Ketua Kadin Daerah Kota Bandung Iwa Gartiwa, serta pengajar pada pelatihan kali ini yakni Profesional Chef Mother Chef Nelsa dan Mother Chef Nida yang mempraktekan cara membuat ubi panggang, lapis ubi panggang, pancake ubi ungu, dan milky lemon salt caramel.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.