BADAN PANGAN NASIONAL
Gelar Pameran Pangan Produk Segar Asal Tumbuhan, NFA Ajak Masyarakat Bijak Memilih Bahan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) dalam rangkaiannya memperingati puncak Hari Keamanan Pangan Sedunia/World Food Safety Day (WFSD) yang digelar pada Jumat (21/6/2024) di Surabaya, Jawa Timur, NFA juga turut menggelar 'Pameran Pangan Produk Segar Asal Tumbuhan' sebagai ajang promosi dan edukasi masyarakat bijak dalam memilih bahan pangan.

Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Kepala NFA Arief Prasetyo Adi. Dalam arahannya Ia mengatakan bahwa gelar pameran pangan produk segar asal tumbuhan ini bertujuan untuk promosi serta memberikan edukasi tentang pengawasan keamanan pangan segar baik post market maupun pre market bagi semua pihak yang terlibat dalam rantai pangan.

"Jadi, NFA, sebagai Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP), ingin menjamin peningkatan mutu pangan segar bagi pelaku usaha agar aman dari cemaran. Output yang ingin kami capai yaitu komoditi pangan segar asal tumbuhan ini tadi, baik produk lokal maupun produk luar terjamin keamanannya dan dapat diawasi peredarannya baik di pasar tradisional maupun retail modern," ungkap Arief.

Kata Arief, keamanan pangan senantiasa dikaitkan dengan adanya bahaya cemaran yang berasal dari pangan, baik itu cemaran kimia, biologi maupun cemaran fisik yang membahayakan yang bersumber dari pangan yang dikonsumsi oleh manusia, khususnya pangan segar asal tumbuhan.

"Nah, harus dipahami, bahayanya pangan yang tidak aman dapat terjadi disetiap tahapan rantai pangan, maka pengawasan dan pemantauan pada setiap rantai pangan menjadi sangat penting yang menjadi tanggung jawab kita bersama, baik pusat maupun daerah harus saling berkolaborasi mewujudkan kondisi pangan segar yang beredar aman dikonsumsi masyarakat," tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pameran ini menghadirkan produk lokal PSAT baik skala besar dan kecil dari setiap daerah Jawa Timur dan produk PSAT dari luar negeri yang telah teregistrasi, serta dilaksanakannya pula Sosialisasi Pola Pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

#badanpangannasional #nationalfoodagency #bapanas #NFA #pangankuatindonesiaberdaulat #penganekaragamanpangan #b2sa #makanb2sa #panganlokal #kenyanggakharusnasi #sehatdenganpanganlokal #keamananpangan #foodsafetyday #worldfoodsafetyday #wfsd

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.