BADAN PANGAN NASIONAL
Gelar Pertemuan Koordinasi Kedeputian 3, NFA Siap Dorong Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Tahun 2024

Sebagai upaya, komitmen dan langkah konkrit dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) gelar pertemuan koordinasi dengan Dinas yang menangani urusan pangan di Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia pada Jumat (16/2/2024) di Bandung.


Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto dalam sambutannya mengapresiasi kinerja dari seluruh pihak yang sudah berkontribusi atas capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH ) yang baru saja di-launching. PPH sebagai salah satu indikator kinerja NFA mengalami peningkatan dari 92,9 tahun 2022 menjadi 94,1 tahun 2023, dan sudah melewati target nasional yang ditetapkan oleh RPJMN, yaitu sebesar 94. 


"Selain capaian skor PPH, sesuai dengan tugas dan fungsi dari Kedeputian Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan yang juga dijabarkan menjadi tugas dan fungsi 3 direktorat, ada beberapa indikator pengukuran kinerja yang diampu. Untuk mencapai indikator kinerja tersebut, telah dirancang kegiatan yang dilaksanakan baik di pusat maupun di daerah," ujar Andriko.


"NFA terus konsisten mendorong edukasi konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) melalui berbagai gerakan. Di sisi hilir, NFA juga mengedepankan aspek keamanan pangan, diantaranya melalui perumusan standar keamanan dan mutu pangan serta pengawasan keamanan pangan segar di peredaran. Pada tahun 2023 NFA telah meluncurkan mobil laboratorium keliling pengawasan keamanan pangan yang dilengkapi dengan peralatan pengujian serta promosi keamanan dan mutu pangan segar, di tahun 2024 ini juga akan diluncurkan beberapa unit mobil," tambah Andriko.


Sesuai arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi yang menekankan sinergitas dan kolaborasi, dalam pertemuan ini juga diadakan diskusi dengan fokus utama sinergi dan kolaborasi bersama dalam menyelesaikan tantangan ketahanan pangan yang bersifat lintas sektor. "Saya berharap kedepan kita terus meningkatkan kolaborasi dan sehingga pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," tutup Andriko.


Berbagai narasumber ahli di bidang/sektornya dihadirkan antara lain, Direktur Sekolah Menengah Pertama, Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbud, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk, BKKBN, Asdep Kemitraan dan Perluasan Pasar, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM, Direktur Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Kemendagri, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I, Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri, Direktur Sistem Perizinan Berusaha, Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal.


Pertemuan ini dihadiri seluruh Direktorat di Kedeputian Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, serta seluruh Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menangani urusan pangan di Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.