BADAN PANGAN NASIONAL
Gelar Rakor dan Evaluasi Program dan Kegiatan 2023, NFA Pastikan Realisasi Anggaran Pangan Berikan Impact Maksimal terhadap Ketahanan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Daerah. Diantaranya terkait pelaksanaan penganggaran dan realisasi dekonsentrasi anggaran NFA kepada Dinas Urusan Pangan tingkat Provinsi.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, saat membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program dan Kegiatan Badan Pangan Nasional Tahun Anggaran 2023, Selasa, (4/7/2023), di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, mengatakan, salah satu aspek strategis yang harus dipastikan dalam koordinasi pusat-daerah adalah terkait pelaksanaan kegiatan dan realisasi anggaran tahun 2023 termasuk rencana dekonsentrasi anggaran NFA ke Dinas Urusan Pangan tingkat Provinsi.


“Ini penting dan harus dikoordinasikan agar terjadi harmonisasi antara strategi, langkah, dan program ketahanan pangan yang dilaksanakan pusat dan daerah, sehingga realisasi anggaran tepat sasaran dan memberikan impact yang signifikan bagi ketahanan pangan baik di tingkat daerah maupun nasional,” ujarnya.


Adapun anggaran NFA pada tahun ini sebesar Rp 464 miliar, angka ini menyusul telah disetujuinya Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Badan Pangan Nasional sebesar Rp 361 miliar oleh Kementerian Keuangan. “Dalam realisasi program dan kegiatan NFA tersebut, sebesar 30,49% atau Rp 141,66 miliar akan dilaksanakan melalui mekanisme dekonsentrasi kepada dinas urusan pangan tingkat provinsi sesuai Perbadan 13 Tahun 2023. Mekanisme dekonsentrasi ini dilakukan untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah pusat dan daerah, juga upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan secara maksimal sesuai kebutuhan dan potensi masing-masing daerah,” ujar Arief.


Lebih lanjut, ia menekankan, agar proses dekonsentrasi anggaran tersebut dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik. “Kita juga berpesan agar pelaksanaan anggaran dekonsentrasi ini nantinya direalisasikan sesuai prosedur tata kelola pemerintahan yang baik, pastikan semuanya aman dan proper,” ujarnya.


Selain sosialisasi rancangan kegiatan dekonsentrasi di lingkungan NFA untuk tahun anggaran 2023, pertemuan ini juga bertujuan untuk melakukan evaluasi tengah tahun program dan kegiatan tahun anggaran 2023.


Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Dinas/Unit Kerja yang menangani urusan pangan provinsi di seluruh Indonesia yang hadir secara luring serta Kepala Dinas/Unit Kerja yang menangani urusan pangan kabupaten/kota yang hadir secara daring. 


Dalam pertemuan ini juga menghadirkan narasumber yang akan menyampaikan sejumlah materi seperti Evaluasi Pembangunan Ketahanan Pangan Tahun 2023 dan Kebijakan Tahun 2024 oleh Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas, Evaluasi Penganggaran Tahun 2023 dan Kebijakan Penganggaran Badan Pangan Nasional Tahun 2024 oleh Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Kementerian Keuangan, Rencana Program dan Kegiatan Dekonsentrasi TA 2023 dan Rencana Tahun 2024 oleh Sekretaris Utama, serta Evaluasi Program dan Kegiatan serta Rencana Dekonsentrasi TA 2023 oleh Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi, serta Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan.

.


#BadanPanganNasional #NFA #Pangan #Iduladha #strategiPangan #StabilisasiPangan #MakanEnak #MakanSehat #MakanB2SA #B2SA #Anggaran #DinasPangan

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.