BADAN PANGAN NASIONAL
Gelar Rapat Komisi Teknis, NFA Berikan Rekomendasi Penerbitan SPPB PSAT

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) selenggarakan rapat Komisi Teknis (Komtek) Penerbitan Sertifikat Penerapan Penanganan yang Baik Pangan Segar Asal Tumbuhan (SPPB-PSAT) serta memberikan rekomendasi penerbitan sertifikat penerapan sanitasi higiene SPPB-PSAT. Rapat ini dihadiri oleh Tim Komtek, auditor terkait, dan fungsional lingkup Direktorat Pengawasan Penerapan Standar Keamanan dan Mutu Pangan NFA yang diselenggarakan secara hybrid pada Senin (25/3/2024) di Jakarta.


Agenda ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi penerbitan SPPB-PSAT secara objektif, tidak memihak, dan profesional. Sebanyak 6 perusahaan yang bergerak di bidang importir rempah-rempah, buah, kedelai, dan kacang-kacangan diajukan dalam sidang Komtek kali ini.


Berdasarkan hasil pembahasan, 5 perusahaan direkomendasikan untuk mendapatkan SPPB-PSAT, sedangkan 1 perusahaan perlu melakukan validasi hasil perbaikan terlebih dahulu. Tim Komtek memberikan beberapa rekomendasi, antara lain memastikan SOP yang dibuat pelaku usaha diterapkan dan dilakukan pencatatan, memastikan produk reject/produk sampingan (seperti tumpi) dari produk kedelai teroganisir dengan baik, memastikan batasan rentang suhu untuk penetapan tindakan koreksi, serta memprioritaskan pelaksanaan surveilan untuk perusahaan-perusahaan yang direkomendasikan penerbitan dengan beberapa catatan terkait konsistensi penerapan sanitasi higienis.


Diharapkan dengan terbitnya SPPB-PSAT ini, dapat menguatkan keamanan pangan di Indonesia sehingga peredaran pangan segar asal tumbuhan semakin terjamin.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #SPPB #PSAT #PanganSegar #KomisiTeknis

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.