Gelar Teknologi Pertanian Modern di Subang

Kinerja Kementerian Pertanian pada Kabinet Kerja ditandai dengan momen peringatan satu tahun dengan menyelenggarakan event yang bertajuk “Gelar Teknologi Pertanian Modern”. Tema yang dipilih pada acara ini adalah “ Modernisasi Pertanian untuk Swasembada Pangan”. Gelar Teknologi ini dilaksanakan di tengah areal persawahan Desa Gardu Mukti, Kecamatan Tambak Dahan Kabupaten Subang- Jawa Barat pada tanggal 20 Oktober 2015.

Gelar teknologi pertanian di Subang ini dihadiri Bapak Menteri Pertanian, Gubernur Jawa Barat, Kasad TNI RI, Kepala Dinas, Bupati, peneliti, dosen, mahasiswa, penyuluh pertanian, Gapoktan, Kelompok Tani, KTNA, HKTI dan para Petani. Adapun susunan acara, diantaranya adalah sambutan dari Ketua panitia yaitu Kepala Badan Litbang Pertanian, Gubernur Jawa Barat, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI RI, dan Menteri Pertanian. Dilanjutkan dengan acara penyerahan penghargaan dari Menteri Pertanian dan diakhiri dengan Panen Padi oleh Menteri Pertanian.

Menteri Pertanian dalam sambutannya, mengatakan bahwa jika semua pihak mendukung program swasembada pangan, maka pemerintah Indonesia tidak perlu impor beras. Bahkan dari hasil kinerja satu tahun Kementerian Pertanian, kini Indonesia sudah bisa ekspor beberapa komoditi pangan, diantaranya jagung sebesar 400 ribu ton, bawang merah sebesar 1500 ton dan juga kacang hijau, sehingga pemerintah bisa menghemat devisa sebesar 52 trilyun rupiah dari impor.

Seusai memberikan sambutan, Bapak Menteri Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian modern, seperti mesin penanam padi dan mesin pemanen padi kepada beberapa Gapoktan dan Kelompok Tani yang telah terpilih. Selanjutnya, Menteri Pertanian didampingi Gubernur Jabar, Kasad TNI dan Kepala Badan Litbang Pertanian melakukan Panen Raya padi di areal sawah menggunakan mesin Pemanen Padi.

Kehadiran para stakeholder dalam acara gelar teknologi pertanian ini menandakan adanya keseriusan pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian dalam mewujudkan swasembada pangan dalam menunjang ketahanan pangan, kemandirian pangan dan Kedaulatan Pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.