BADAN PANGAN NASIONAL
Gelaran Bimtek PPH untuk 514 Kab/Kota , NFA Tingkatkan Kualitas Analisis Konsumsi Pangan Daerah

JAKARTA - Pangan selalu menjadi isu strategis dalam pembangunan baik ditingkat global maupun nasional dan hingga ditingkat daerah. Oleh karena itu, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) fokus menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Analisis Konsumsi Pangan Berbasis Pola Pangan Harapan (PPH) bagi Aparat Analis Konsumsi Pangan di 514 kabupaten/kota yang menangani urusan pangan di seluruh daerah Indonesia.

Kepala NFA Arief Prasetyo Adi melalui keterangannya, di Jakarta, Sabtu, (13/7/2024), mengatakan, pencapaian skor PPH merupakan indikator kunci penyelenggaraan urusan pangan, yang perlu diukur dan dianalisis secara periodik, baik ditingkat pusat dan di daerah, sesuai dengan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 11 Tahun 2023.

"Tentu PPH ini instrumen penting yang menjadi acuan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam memotret kualitas dan komposisi konsumsi pangan masyarakat suatu daerah. Skor PPH yang ideal tentunya akan terwujud apabila setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia memiliki capaian konsumsi pangan yang berkualitas mengarah pada pola komposisi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA),” ungkap Arief.

Senada dengan Arief, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA mengatakan betapa pentingnya Pemerintah Provinsi dan Daerah untuk melakukan penilaian konsumsi pangan berbasis analisis PPH. Hal tersebut diungkapkan Andriko saat membuka kegiatan Bimtek PPH Wilayah Sumatera I pada Kamis (11/7/2023) di Medan, Sumatera Utara. 

“Hal ini penting sebagaimana urusan pangan menjadi urusan wajib dan penganekaragaman konsumsi pangan merupakan target yang harus dilaksanakan dan dicapai seluruh pemerintah daerah untuk mewujudkan kualitas konsumsi pangan yang searah dengan target pencapaian Pola Pangan Harapan,” ungkap Andriko.

Selanjutnya, Andriko menyampaikan bahwa tahun 2024 ini merupakan tahun ke-2 NFA melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan melaksanakan Bimtek PPH secara terpusat bagi 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bimtek kali ini menjadi rangkaian Bimtek ke-6 sekaligus menjadi penutup dari keseluruhan Bimtek yang telah diselenggarakan. 

Andriko mengungkapkan Bimtek PPH ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan petugas atau aparat yang menangani analisis konsumsi pangan ditingkat kabupaten/kota dalam pengolahan dan analisis data konsumsi pangan.

"Ini tanggung jawab kita bersama, pusat dan daerah, melalui Bimtek ini diharapkan bapak/ibu sekalian dapat memetakan kebutuhan konsumsi pangan pada tiap wilayahnya secara lebih akurat, sehingga mengarah pada peningkatan dan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat," ungkap Andriko.

Terakhir, Andriko menjelaskan bahwa NFA secara 2 tahun berturut-turut berhasil lampaui capaian skor Pola Pangan Harapan (PPH) Nasional tahun 2023 sebesar 94,1 dari target yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2023 di angka 94. Capaian tersebut juga lebih tinggi daripada skor PPH Nasional di tahun 2022 yang tercatat di angka 92,9.

"Seperti diketahui, situasi pangan global dan nasional cenderung sedang fluktuatif, ini merupakan tantangan yang harus dihadapi negara-negara dunia, tak terkecuali Indonesia terkait dengan pemenuhan pangan. Namun, kita patut bersyukur, di tengah keadaan tersebut skor PPH nasional kita mengalami peningkatan dari 92,9 tahun 2022 menjadi 94,1 tahun 2023. Angka tersebut telah mencapai target RPJMN tahun 2023 yaitu sebesar 94,0," tutup Andriko.

Perlu diketahui, provinsi dengan capaian skor PPH tertinggi yang melampaui angka 94 dari target RPJMN diperoleh oleh Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan skor 96,3. Tertinggi selanjutnya adalah Provinsi Nusa Tenggara Barat 94,7, lalu Provinsi Jawa Tengah 94,2, dan Sumatra Selatan 94,2.

Kemudian pada tingkat kabupaten kota, sepanjang tahun 2023, terdapat sebanyak 20 kabupaten kota yang memiliki skor PPH di atas angka 95. Yang pertama adalah Kabupaten Sumenep 99,5, lalu Kabupaten Wonosobo 99,2, kemudian Kabupaten Nagan Raya 98,9. Selanjutnya Kabupaten Lombok Timur 98,1 dan Kabupaten Lumajang 97,4.


——————————————————


*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

135/R-NFA/VII/2024

13 Juli 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455







BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.