BADAN PANGAN NASIONAL
Gelaran HUT NFA ke 3, NFA Sasar Pemuda Untuk Menumbuhkan Kesadaran Perilaku Stop Boros Pangan
JAKARTA - Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan (GSP) melalui kegiatan Stop Boros Pangan terus digaungkan oleh Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) sebagai upaya pencegahan food waste (sisa pangan) serta perubahan perilaku masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Nyoto Suwignyo saat ditemui saat sosialisasi Stop Boros Pangan sebagai bagian dari Gelaran Festival Pangan Nusantara memperingati 3 tahun Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (28/7/2024

“Stop Boros Pangan ini harus dijadikan budaya dan itu dimulai semenjak dini, peran millenials sangat penting dalam mendorong dan menumbuhkan kesadaran perilaku stop boros pangan untuk mencegah sisa pangan” tandas Nyoto.

Menggencarkan sosialisasi stop boros pangan melalui tulisan, konten video kreasi, inovasi pengolahan pangan berlebih menjadi varian menu baru dan lain sebagainya diharapkan dapat menarik anak-anak muda untuk bisa bergerak mendukung upaya ini.

“Kolaborasi dengan berbagai stakeholder adalah kunci utama dalam menyelesaikan masalah pangan dan gizi dan peran generasi muda sangat penting didalam upaya pencegahan sisa pangan” ucap Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi tersebut

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama Kepala NFA Arief Prasetyo Adi juga mengajak para masyarakat yang menghadiri gelaran tersebut untuk tidak membuang-buang makanan. “Mari kita membiasakan untuk tidak membuang-buang makanan yang ada di meja makan, kosongkan piring dan habiskan makanan yang ada”, ajak Arief.

Lebih lanjut Kepala NFA juga membeberkan bahwa menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Bappenas, Sisa dan Susut Pangan (SSP) terbesar di Indonesia terjadi di sub-sektor tanaman pangan terutama padi, diikuti oleh hortikultura (sayur dan buah-buahan).

Pada kampanye stop boros pangan kali ini dilakukan senam stop boros pangan, pembagian makanan dan buku di food truck, dan pembagian telur matang serta beragam permainan yang banyak mendapat antusias dari masyarakat. 

—————————————


Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

161/R-NFA/VII/2024

28 Juli 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.