BADAN PANGAN NASIONAL
Gencar Kembangkan Potensi Kelor, NFA Perkuat Diversifikasi Pangan Melalui Sektor Bisnis UMKM Pangan Lokal

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus gencar mengembangkan potensi kelor sebagai salah satu program mewujudkan ketahanan pangan, salah satunya melalui diversifikasi konsumsi pangan dengan penguatan sektor bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang berbasis potensi lokal.


“Kita mengkampanyekan gerakan diversifikasi pangan lokal dan menyatakan pangan lokal adalah kekayaan dan budaya bangsa," ujar Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA Rinna Syawal, pada Hari Ulang Tahun (HUT) Asosiasi Beyond Moringa Indonesia (ABMI) yang ke II, di La Moringa Jakarta, Senin (11/12/23).


Rinna pun mengungkapkan bahwa kampanye penganekaragaman pangan lokal melalui UMKM pangan haruslah terus dimasifkan, karena pengembangan pangan lokal dapat membantu Indonesia meningkatkan perekonomian dan mencapai ketahanan pangan nasional.


"Terdapat banyak potensi pangan lokal untuk mendukung baik secara ekonomi dan ketahanan pangan, yang dapat diidentifikasi dan didorong agar tiap provinsi mempunyai komoditas pangan lokal andalannya masing-masing," ungkap Rinna.


Rinna menambahkan bahwa penganekaragaman pangan juga dimaksudkan untuk  meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang mana untuk dapat hidup aktif, sehat dan produktif  manusia membutuhkan konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). "Untuk dapat hidup sehat dan produktif, manusia memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang dapat dipenuhi dengan mengonsumsi pangan yang beragam dan bergizi seimbang, serta aman," tambahnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.