BADAN PANGAN NASIONAL
Gencarkan Pengawasan Keamanan Pangan Segar, NFA Jamin Keamanan Pangan Segar Selama Nataru di Kota Bandar Lampung

Dalam rangka menjamin pangan segar yang beredar aman untuk masyarakat selama HBKN Natal dan Tahun Baru, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melaksanakan Pengawasan Keamanan Pangan Segar di Pasar Rakyat Way Halim dan Superindo Kota Bandar Lampung pada Jumat (29/12/23).


Pengawasan dilaksanakan oleh tim gabungan NFA beserta Dinas Pangan Provinsi dan Kota Bandar Lampung serta perwakilan dari Manajemen Superindo Kota Bandar Lampung melalui pengambilan contoh, pengujian residu pestisida dan formalin menggunakan rapid test kit pada Laboratorium Keliling  Pengawasan Keamanan Pangan Segar Provinsi Lampung, pengawasan label dan iklan pangan segar, serta pemantauan harga bahan pokok.


"Dari hasil pengawasan keamanan pangan yang sudah dilakukan di pasar rakyat Way Halim dan juga Superindo, keseluruhan menunjukkan hasil negatif, yang artinya bebas dari cemaran fisik, kimia dan biologi," ujar Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto dalam tinjauannya di Kota Bandar Lampung.


"Hasil pengawasan label dan iklan pangan segar juga sudah bagus, sudah menerapkan sanitasi higiene dengan baik dan sudah memiliki sertifikat SPPB PSAT yang diterbitkan 23 Juli 2023. Secara umum pemajangan dan penyimpanan pangan segar rapi dan tertata berdasarkan karakteristik produk termasuk suhu penyimpanan," pungkas Andriko.


"Kita juga telah mengecek penerapan regulasi ijin edar, beberapa memang ditemukan ijin edar komoditi beras yang sudah habis namun kita tekankan ke superindo agar segera ditindak lanjuti," tambah Andriko.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.