Gerakan Makan Telur di Magetan, Sinergi Bersama Perbaikan Gizi dan Bangun Eksosistem Pangan

SIARAN PERS

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)

95/R-NFA/X/2022

15 Oktober 2022



Gerakan Makan Telur di Magetan, Sinergi Bersama Perbaikan Gizi dan Bangun Eksosistem Pangan


Magetan - Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi hadiri acara Bakti Peternak Pada Negeri yang diselenggarakan oleh Pinsar Petelur Nasional (PPN) di Panti Asuhan Al-Hayat Desa Sumber Dodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan - Jawa Timur pada 15 Oktober 2022. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Telur Sedunia yang dilaksanakan melalui Gerakan Makan Telur demi pemenuhan gizi serta nutrisi generasi penerus.


Dalam sambutannya Arief menjelaskan bahwa telur merupakan salah satu sumber protein yang terbilang murah dan sangat mudah untuk diakses oleh masyarakat karena dalam 100gr telur mengandung 155 Kkal, 13gr protein, dan 10,8gr lemak. Oleh sebab itu ia mengimbau kepada masyarakat untuk dapat mengonsumsi telur setiap hari guna memenuhi kebutuhan pangannya, khususnya kecukupan gizi dari protein hewani.


“Kalau bisa semua anak disini makan telur setiap hari, minimal satu, sehingga pemenuhan kebutuhan proteinnya bisa terpenuhi,” ujar Arief.


Arief juga berpesan kepada para peternak dan petelur agar dapat terus bersinergi, berkomitmen, dan berkolaborasi membangun kerjasama baik dengan sesama maupun stakeholder lainnya, sehingga ekosistem pangan yang sedang dibangun bisa segera terwujud dan dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak. Ia meminta para peternak agar jangan saling bersaing dan berlomba-lomba dalam menurunkan harga, melainkan selalu kompak dan saling berkoordinasi.


“Skema closed loop jagung, telur, dan ayam melibatkan banyak pihak, ekosistem ini perlu kita bangun bersama dengan mengesampingkan ego sektoral baik di kalangan instansi/lembaga, pelaku usaha, maupun asosiasi,” tegasnya.


Dalam kesempatan tersebut Arief juga berharap peran BUMN dan BUMD agar terus ditingkatkan sebagai offtaker melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota salah satunya untuk  mencegah Stunting. Sementara di sektor hulu, NFA terus mengupayakan untuk menjaga populasi DOC serta stabilisasi ketersediaan pasokan dan harga jagung sebagai pakan ternak.


“Kami sudah tugaskan BUMN untuk menyerap jagung petani sebagai cadangan pangan, peternak nanti bisa beli dari Bulog, koperasi bisa menginformasikan kebutuhannya nanti disepakati harganya sesuai HAP, selisih biaya distribusinya nanti akan ditanggung oleh pemerintah,” jelas Arief.


Dengan adanya stabilitas pasokan dan harga telur, pemerintah berharap dapat menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat sehingga upaya-upaya pemerataan stok pangan perlu terus dikedepankan dari daerah surplus ke wilayah konsumen.


"Sebagaimana diketahui sesuai arahan Presiden Joko Widodo, peran aktif pemerintah daerah juga bisa menjadi kunci untuk mengurangi inflasi di daerah. Peran aktif daerah antara lain dengan pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum termasuk subsidi biaya transportasi distribusi pangan," tambah Arief.


Kabupaten Magetan merupakan produsen telur ke 5 terbesar di Jawa Timur dengan jumlah populasi sebesar 3.7 juta ekor ayam petelur. Rata-rata produksi telur per hari mencapai 60 ton, 30 ton dikirim ke luar Magetan, selebihnya beredar dan dikonsumsi masyarakat setempat. Kualitas telur ayam dari Magetan diklaim sebagai salah satu yang terbaik yang ada di Indonesia.


Dalam acara tersebut turut dibagikan santunan kepada anak yatim, seremonial makan telur bersama, serta pembagian telur ayam kepada masyarakat. Hadir dalam acara tersebut Ketua PPN Pusat, Ketua PPN Magetan, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Perum BULOG Ponorogo, serta para peternak rakyat di Kabupaten Magetan.


——————————


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.