BADAN PANGAN NASIONAL
Gerakan Pangan Murah di Perbatasan, Bukti Kehadiran dan Kolaborasi Pemerintah

Mengusung semangat Merdeka Pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sukses menghelat Gerakan Pangan Murah (GPM) bagi masyarakat di wilayah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Provinsi Papua. GPM ini dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis (17/08/2023).


NFA yang diwakili oleh Koordinator Kelompok Substansi Harga Pangan Produsen dan Konsumen Freddy mengatakan pada GPM kali ini turut diisi dengan penyaluran paket bantuan pangan sejumlah 100 paket bagi masyarakat sekitar kawasan. 


"NFA dengan kolaborasi bersama Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua dan Dinas Pangan Kota Jayapura, turut menyalurkan paket bantuan pangan yang langsung diserahkan ke masyarakat sekitar. Kegiatan GPM di wilayah PLBN seperti ini harapannya dapat mempermudah masyarakat perbatasan dalam mengakses pangan dan menunjukkan bukti kehadiran pemerintah yang menjangkau daerah Tertinggal, Terluar, Terdepan dan Perbatasan (3TP)," tutur Freddy.


Pada GPM kali ini, Perum Bulog dan PT RNI Nusindo berpartisipasi dengan menyediakan aneka bahan pokok antara lain beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) 5 Kg sebanyak 162 karung. Kemudian minyak goreng berbagai kemasan sampai lebih dari 400 pouch dan telur ayam sebanyak 50 rak, serta bawang merah dan bawang putih dengan total sampai 50 bungkus. Semua komoditas pangan tersebut tentunya dilabeli harga yang terjangkau dan relatif baik.


Dalam kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan BNPP Letnan Jenderal TNI (Purn) Jeffry Apoly Rahawarin dan segenap pejabat dari BNPP Skouw, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Dinas Pangan Kota Jayapura beserta masyarakat setempat di kawasan perbatasan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.