BADAN PANGAN NASIONAL
Gerakan Pangan Murah Hadir di HUT Foodbank of Indonesia

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) berkerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) turut menggelar Gerakan Pangan murah (GPM) pada Kongres II Jaringan Bank Pangan Indonesia: Pasar Rakyat Mustikarasa yang laksanakan FOI, Sabtu, (27/5/2023), di Museum Bahari, Jakarta.


Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi NFA I Gusti Ketut Astawa usai meninjau pelaksanaan GPM mengatakan, mengapresiasi kolaborasi yang telah dibangun sehingga gelaran GPM bisa hadir di kegiatan FOI kali ini. Secara umum pelaksanaan GPM bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat sekaligus mengendalikan tingkat inflasi.


“GPM menjadi salah satu program strategis yang terus dilaksanakan secara merata di seluruh provinsi dan terjadwal sepanjang tahun. Kegiatan ini bekerja sama dengan banyak pihak, seperti pada kegiatan hari ini, selain dengan FOI kita juga libatkan lembaga terkait, pemerintah daerah, pelaku usaha seperti BUMN, BUMD dan privat, serta asosiasi dan organisasi,” ujarnya.


Dalam GPM yang digelar bersamaan dengan hajatan Kongres dan HUT FOI tersebut dihadirkan stand dari BUMN Pangan, BUMD, privat sector, serta asosiasi. Stand tersebut menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, seperti beras premium 5 kg yang dijual dengan harga Rp 65.000, gula konsumsi Rp 13.500/kg, minyak goreng Rp 14.000/liter, daging ayam Rp 35.000/ekor, cabai merah keriting dan cabai rawit merah Rp 10.000/pak, telur ayam Rp 29.000/kg, bawang putih Rp 16.000/ ½ kg, garam konsumsi Rp 2.500/250 gr, dan daging sapi Rp 113.000/kg.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi secara terpisah mengatakan, Ke depannya pelaksanaan GPM akan terus ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar stabilitas harga pangan terus dijaga keseimbangannya baik di tingkat produsen, pedagang, dan masyarakat.


Dalam kegiatan tersebut juga tersedia puluhan stand yang menjual ragam kuliner nusantara terutama yang berbahan dasar pangan lokal, seperti beras singkong, salak sagu, roti singkong, minuman dari talas, dan lainnya. Hadirnya pameran UMKM yang menjual aneka kuliner ini sejalan dengan tema acara yaitu untuk meningkatkan potensi pangan lokal dan rempah dalam upaya memerangi kelaparan dan melestarikan mustikarasa Indonesia.

.


#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Pangan #PanganNasional #KetersediaanPangan #KeamananPangan #MakanEnak #MakanSehat #B2SA #Kolaborasi #Foodwaste #FLW #FOI #GelarPanganMurah #GPM

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.