BADAN PANGAN NASIONAL
Gerakan Selamatkan Pangan Jalin Kolaborasi dengan SOS Optimalkan Penyelamatan Pangan

Badan Pangan Nasional fokus berkontribusi dalam upaya pencapaian target penurunan FLW sebesar 75% di tahun 2045. Pada saat ini, Badan Pangan Nasional sedang mengkaji terkait penanganan FLW guna mendukung proses penyusunan kebijakan/regulasi penanganan FLW di Indonesia. Regulasi yang akan disusun diharapkan dapat memayungi semua pihak dalam upaya pengurangan FLW. Hal ini disampaikan Nyoto Suwignyo, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi pada saat menerima audiensi dari Scholar of Sustenance (SOS) ke Badan Pangan Nasional, Rabu (24/1/2024). 


"SOS kami harap mulai menjalin kolaborasi dengan industri pangan yang memiliki potensi FLW cukup besar", ujar Nyoto.


Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Nita Yulianis menyampaikan kegiatan Badan Pangan Nasional yang dalam waktu dekat dapat dikolaborasikan dengan SOS, yaitu Ramadhan Ceria Pangan. "Sebagai kegiatan reguler setiap tahun kami ada kegiatan Ramadhan Ceria Pangan dimana sangat membuka kolaborasi kegiatan bersama SOS", ujar NIta. 


Frandy, Ketua SOS Jakarta menyampaikan siap berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional. Salah satu inisiasi yang digagas, yaitu upaya penyelamatan pangan untuk disalurkan di Kepulauan Seribu.



SOS adalah organisasi nirlaba global yang berkomitmen dalam upaya pencegahan/pengurangan food waste serta ketahanan pangan dan gizi. SOS memiliki 7 cabang di 3 negara ASEAN, yaitu: Indonesia (Bali dan Jakarta), Thailand (Bangkok, Puket, Chiangmai, Hua Hin) dan Filipina (Manila). SOS Indonesia berdiri sejak tahun 2017 di Bali. Dalam rangka memperluas jangkauan penyelamatan pangan, SOS baru saja membuka cabang di ibukota Jakarta yang dilaunching pada 14 Desember 2023.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.