BADAN PANGAN NASIONAL
Gerakan Tanam Padi Sebagai Upaya Wujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Komisi IV DPR RI lakukan kunjungan kerja reses ke Mamuju, Sulawesi Barat, dalam rangka mendukung program Gerakan Tanam Padi. (17/7/24). Hal ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan luas lahan pertanian dan produksi padi di wilayah tersebut.

Pada giat ini, dilakukan penanaman padi bersama yang diharapkan dapat menjadi inisiatif bersama dalam rangka mengurangi ketergantungan Indonesia pada impor beras. Melalui peningkatan produksi padi dalam negeri, kebutuhan pangan nasional diharapkan dapat terpenuhi secara mandiri.

Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal menekankan pentingnya optimalisasi lahan yang ada melalui berbagai upaya, termasuk pembangunan irigasi, pencetakan sawah baru, pemupukan, serta langkah-langkah lain yang mendukung produktivitas pertanian. "Gerakan Tanam Padi ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan DPR RI untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan petani," ujar Andi Akmal.

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto yang turut menghadiri acara tersebut, menambahkan, "Sinergi antara pemerintah dan legislatif sangat penting dalam memastikan program ini dapat berjalan efektif dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi sektor pertanian di Mamuju dan daerah lainnya." ungkap Andriko.

Sejalan dengan arahan Kepala NFA Arief Prasetyo Adi yang selalu menekankan di berbagai kesempatan, singergi dan kolaborasi antar stakeholder pangan adalah kunci dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Diharapkan, melalui program ini, pemerintah dapat terus berupaya meningkatkan produktivitas pertanian nasional, sehingga Indonesia dapat mencapai kedaulatan dan mandirian pangan yang berkelanjutan.

#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Kunker #DPR #Mamuju

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.