BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia, NFA Bersinergi dan Berkolaborasi Wujudkan Kemandirian dan Kedaulatan Pangan Daerah

Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Andriko Noto Susanto hadir sebagai keynote speaker dalam kegiatan Seminar dan Pra Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (Semloknas FKPTPI) Wilayah Timur Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan 1st International Conference on Sustainable Development and Green Economy in Small Island (IC-SDGESI) 2023 dengan tema “Strengthening Resilience of the Agriculture Sector in Supporting Sustainable Development through The Integrated Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program”, pada Rabu (23/08/2023) di Ternate.


Dalam kesempatan tersebut, Andriko menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan. Lebih lanjut Andriko mengungkapkan, untuk daerah kepulauan yang memiliki tantangan yang berbeda, maka perlu pendekatan yang sesuai dalam menjaga ketahanan pangan misalnya dengan memiliki cadangan pangannya sendiri dan menerapkan teknologi spesifik lokasi dengan memperhatikan kearifan lokal, serta memperbaiki sistem kelembagaan dan permodalan.


“Saat ini dunia menghadapi tantangan terkait pangan termasuk efek perubahan iklim terhadap penyediaan pangan, yang juga mempengaruhi kondisi ketahanan pangan nasional. Di sinilah Fakultas Pertanian dapat ikut berperan memberikan dukungan karena diperlukan sinergi dan kolaborasi untuk menyelesaikan masalah pangan”, ujar Andriko.


Acara ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi baik pemerintah pusat dan daerah, serta masyarakat dan juga mahasiswa. “Provinsi Maluku Utara dengan penduduk sekitar 1,3 juta jiwa, lebih dari 70%nya adalah berupa perairan yang kaya akan sumberdaya dengan potensi ekonomi tinggi dan perlu dimaksimalkan. Untuk itu diperlukan teknologi juga pendampingan degan melibatkan penyuluh untuk dapat menjawab permasalahan pangan”, ungkapnya.


Pada sesi akhir acara, selanjutnya dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kedeputian Bidang Pangenakaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA dengan Fakultas Pertanian Universitas Khairun terkait sinergitas pendidikan, pelatihan dan pengabdian masyarakat dalam rangka mendukung penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan segar.


Pembicara dalam acara ini terdiri dari Eko Adi Riyanto dari Bank Indonesia (BI), Prof. Budiman Minasny dari University of Sidney, perwakilan Kasetsart University Thailand Assoc Prof. Hasnuzzaman dari University of Malaya, serta Lily Ishak, PhD dari Universitas Khairun. Serta turut dihadiri oleh Wakil Rektor III Universitas Khairun Abdul Khadir, SP., MSi, Dekan Fakultas Pertanian seluruh Indonesia, perwakilan BI, juga Forkopinda Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.