BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Hari Ikan Nasional 2023, NFA Dorong Konsumsi Ikan untuk Wujudkan Generasi Emas 2045

Membangun Generasi Emas Tahun 2045, anak usia sekolah yang memasuki usia produktif merupakan salah satu kelompok sasaran yang perlu mendapat perhatian khusus didalam penanganan kerawanan pangan dan gizi.


Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo saat menghadiri kegiatan Peringatan Hari Ikan Nasional 2023 di Jakarta, Selasa (21/11/2023).


“NFA melakukan upaya intervensi pangan dan gizi untuk mempersiapkan generasi sehat dan berkualitas dengan pemberian pangan bergizi sumber protein hewani berupa telur, susu, ayam maupun ikan” ucap Nyoto.


Upaya yang dilakukan NFA tersebut sejalan dengan tema Hari Ikan Nasional 2023 yang mengangkat tema “Ïkan Untuk Generasi Emas” yang bertujuan untuk mewujudkan generasi yang sehat dan kuat untuk Indonesia Emas 2045, melalui berbagai manfaat ikan dapat menjadi asupan gizi dalam bentuk generasi muda Indonesia yang berkualitas, kompeten dan berdaya saing tinggi dan berperadaban unggul.


Sementara itu Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono dalam sambutannya menjelaskan strategi untuk menjaga populasi ikan di Indonesia. Menurutnya diperlukan strategi khusus mengingat penangkapan ikan masih dilakukan secara bebas dan mengakibatkan populasi ikan semakin menurun.


"Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki beragam jenis ikan yang ada di wilayah kita jumlahnya banyak, sekitar 12,5 juta ton setiap tahun ikan berproduksi. Namun cara pengambilannya tidak teratur dengan baik" jelas Wahyu.



Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (19-21/11/2023) tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari kementerian/lembaga, BUMN serta sejumlah dinas yang menangani perikanan dari seluruh Indonesia dan UMKM perikanan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.