BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Peringatan HPS Provinsi Jabar di Sukabumi, NFA Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Lokal

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) hadiri peringatan Hari Pangan Sedunia Provinsi Jawa Barat yang diadakan di Kota Sukabumi.  Peringatan ini bertajuk “Jabar Food Fest 2023, From Food Culture to Food Future” dengan tema “Mewujudkan Kedaulatan Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Lokal".


Dalam Sambutannya, Deputi bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Andriko Noto Susanto menyampaikan bahwa Indonesia memiliki potensi jenis komoditas tanaman pangan yang mampu bertahan baik terhadap kondisi ekstrim, seperti sorgum, jagung, sukun, hanjeli, sagu dan lain sebagainya yang perlu digali dan dimanfaatkan.  


"Maka dari itu diversifikasi pangan berbasis potensi dan kearifan  lokal menjadi solusi jangka panjang melalui penyediaan pangan yang beragam bagi 278 penduduk Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat pada peringatan HPS Provinsi Jawa Barat tahun ini, yaitu Wujudkan Kedaulatan Pangan Melalui Diversifikasi Pangan Lokal," ujar Andriko.


Diversifikasi pangan selama ini belum berjalan dengan baik yang diindikasikan dengan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang masih bergantung pada komoditas beras dan kurangnya konsumsi pangan sumber protein hewani, sayuran dan buah, serta umbi-umbian. Skor PPH tahun 2022 dan 2023 telah mencapai target RJPMN 2020-2024 masing-masing sebesar 92,9 dan 94,1. Namun rumah tangga yang berada pada kuintil 1 dan 2 (Susenas BPS) memiliki kualitas konsumsi pangan masih rendah yang beresiko meningkatkan masalah gizi dan kesehatan masyarakat serta menurunkan produktivitas.


"Tantangan ini merupakan peluang bagi kita untuk mengembangkan penganekaragaman pangan yang berbasis pada potensi sumber daya pangan lokal sebagai alternatif sumber pangan. Hal ini tentu saja dapat terwujud karena Indonesia merupakan negara ke-3 terbesar di dunia yang kaya akan keanekaragaman hayati. Dimana setiap wilayah memiliki potensi pangan lokal yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi alamnya. Pengembangan produk pangan lokal menjadi salah satu strategi dalam mendukung kemandirian pangan dan mengurangi ketergantungan terhadap produk impor," tambah Andriko.


Andriko juga sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Sukabumi yang telah menyelenggarakan peringatan Hari Pangan Sedunia Tahun 2023. "Saya menilai kegiatan Hari pangan Sedunia ini sangat penting dan strategis dalam rangka menunjukkan kekuatan serta mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan pangan lokal," unkapnya.


Sejalan dengan arahan Kepala NFA, Arief Prasetyo Adi bahwa urusan pangan adalah urusan bersama, maka kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak terkait sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.