BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Rakor Inflasi, NFA Ajak Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Indonesia Ikut Andil dalam Pengendalian Kerawanan Pangan Daerah

Pengendalian kerawanan pangan dan gizi merupakan salah satu fokus kerja Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA). Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin (12/06/2023) di Jakarta. 


Mencegah terjadinya rawan pangan dan gizi sangat penting karena berkaitan erat dengan ketahanan pangan. Karena itu, Nyoto meminta kepada seluruh daerah untuk membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait. 


"Kami berharap Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat berkolaborasi dengan seluruh stakeholders, BUMN, serta BUMD Pangan, termasuk upaya menggerakan peran serta Tim Penggerak PKK. Kolaborasi dan sinergi kegiatan merupakan kunci dalam penanganan wilayah rentan rawan pangan." ujarnya. 


Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pemberian pemberian pangan bergizi untuk anak sekolah dasar dalam rangka mendukung generasi emas 2045. Kegiatan ini dilakukan melalui pemberian pangan dan kudapan bergizi sumber protein hewani berupa telur, susu dan protein hewani lainnya (ayam/ikan) disertai dengan edukasi pangan dan gizi dan kampanye stop boros pangan. 


Selain itu, pemberian bantuan pangan berupa beras, telur ayam, dan daging ayam selama tiga bulan juga terus digenjot dalam tiga bulan terakhir untuk masyarakat berpendapatan rendah dan masyarakat risiko stunting.  


Melalui berbagai kegiatan tersebut, selain memenuhi kebutuhan pangan dan gizi juga akan berdampak pada terkendalinya Inflasi, karena pengeluaran untuk membeli kebutuhan pangan masyarakat berkurang. 


Dalam kesempatan itu, Nyoto juga memaparkan berbagai langkah strategis pengendalian inflasi yang didorong oleh NFA melalui sinergi menjaga ketersediaan dan stabilisasi pangan, antara lain melakukan berbagai Rapat Koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, melakukan Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), serta terus menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam kesempatan berbeda mengatakan upaya pengendalian inflasi pangan harus terus didorong, terutama menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam menghadapi ancaman kekeringan akibat dampak Elnino. Untuk itu, Arief mengajak semua pihak terkait untu saling bersinergi dalam upaya bersama menjaga ketahanan pangan nasional. 



#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #badanpangannasional #inflasi #inflasipangan #rakornas

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.