BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Rakor & Rakernis Potensi Maritim TNI AL Tahun 2024, NFA Siap Bersinergi Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Melalui Potensi Sumber Daya Laut

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, diversifikasi pangan menjadi salah satu upaya yang terus digencarkan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA). Hal ini disampaikan oleh Deputi bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Andriko Noto Susanto saat menjadi narasumber dalam acara Rakor & Rakernis Potmar Tahun 2024 yang diadakan oleh TNI AL di Jakarta (21/3/2024).


Menurut UU No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan, Pangan merupakan segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, perairan, dan air, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia, termasuk bahan tambahan Pangan, bahan baku Pangan, dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan, dan/atau pembuatan makanan atau minuman.


"Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan kekayaan laut yang berlimpah. Sumber daya laut ini juga menjadi salah satu sumber pangan yang potensial, bila dioptimalkan dapat menjadi kunci dalam mewujudkan ketahanan pangan kita," ujar Andriko.


Andriko juga menyampaikan upaya transformasi pangan, salah satunya adalah melalui diversifikasi pangan serta pemanfaatan Blue Food (rumput laut dan produk hasil perikanan) untuk produksi pangan. "Blue food dapat menjadi solusi potensial untuk mengatasi ketahanan pangan nasional, terutama dengan meningkatnya tekanan lahan pertanian, populasi dan perubahan iklim,"


Sebagai langkah konkrit dalam mendukung potensi sumber daya laut, NFA sudah menyalurkan bantuan alat kepada UMKM yang bergerak di bidang pengolahan ikan di beberapa daerah. Hal ini menjadi upaya untuk meningkatkan konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi yang beragam, bergizi seimbang dan aman.


Sejalan dengan Kepala NFA yang selalu menyampaikan bahwa sinergi dan kolaborasi adalah kunci dalam mewujudkan ketahanan pangan, NFA siap bersinergi dengan TNI AL dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pesisir melalui diversifikasi pangan dan memaksimalkan potensi sumber daya laut Indonesia.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #TNI #KetahananPangan #PanganKuatIndonesiaBerdaulat

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.