BADAN PANGAN NASIONAL
Hadiri Seminar Nasional di UMY, NFA Dorong Spirit Kemandirian & Kedaulatan Pangan Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling dasar. Untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan maka diperlukan sistem pangan nasional. Sistem Pangan Nasional yang didasarkan pada UU No. 12/18 tentang Pangan mencakup pilar yang komprehensif yakni ketersediaan, keterjangkauan, dan pemanfaatan untuk menciptakan individu yang hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan. 


Pembangunan ketahanan pangan nasional dilakukan dengan spirit kemandirian dan kedaulatan pangan. Hal tersebut disampaikan Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamana Pangan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), Andriko Noto Susanto, saat menyampaikan materi dengan tema Kebijakan Pangan Indonesia pada Acara Seminar Nasional Fiqih Kedaulatan Pangan: “Jihad Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Umat dan Kemandirian Bangsa." 


Acara ini diselenggarakan dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yaitu menyusun naskah Fikih Kedaulatan Pangan. Bekerja sama dengan bekerjasama dengan Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Semnas diselenggarakan pada hari Sabtu (16/12) di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, DIY. 


Semnas dibuka oleh Rektor UMY, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., yang dalam pembukaannya menyampaikan bahwa Muhammadiyah berkomitmen dalam memberikan sumbangsih dalam aspek kehidupan, termasuk yang terkait pangan. Selanjutnya Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdis (Prof. Syamsul Anwar, MA) menyampaikan bahwa Pangan menyangkut hajat hidup orang banyak dan merupakan hak azazi manusia agar manusia dapat hidup secara utuh.


Pada sesi pemaparan, Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA, Andriko Noto Susanto, menyampaikan perkembangan situasi ketahanan pangan, termasuk perkembangan konsumsi masyarakat Indonesia. “Konsumsi pangan kita yang berasal dari sumber daya lokal masih perlu ditingkatkan. Terkait dengan tema Semnas kita, inilah salah satu perjuangan terkait pangan yang perlu dilakukan”, jelas Andriko. 


“Berbagai upaya dilakukan Pemerintah untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan yang berlandaskan kemandirian dan kedaulatan pangan. Badan Pangan Nasional melaksanakan berbagai kegiatan untuk mengoperasionalkan hal tersebut termasuk dengan bekerja sama dengan multi-stakeholder. Termasuk dalam upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) termasuk untuk bantuan pangan, fasilitasi distribusi pangan, pengendalian food waste, promosi B2SA, pengembangan usaha pangan lokal, serta perumusan standar juga pengawasan keamanan pangan segar”, tambah Andriko.  


Turut Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdis, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PPM, Wakil Rektor Bidang SDM (Nano Prawoto), Mejelis lingkup PP Muhammadiyah, Dosen baik dari dari PTM maupun PT lainnya, petani dan Peternak Penggerak, juga LSM dan Organisasi Masyarakat terkait Pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.