BADAN PANGAN NASIONAL
Hadirkan Rumah Pangan di Desa Kawerang, Dorong Ibu Hamil dan Menyusui Terapkan Pola Konsumsi B2SA Demi Generasi Bebas Stunting

Pemenuhan pangan yang berkualitas dan sesuai dengan kecukupan merupakan komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang aktif, sehat, dan produktif. Salah satu upaya dalam rangka mendukung tujuan tersebut diaktualisasikan Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama OPD Pangan melalui Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

Sebagai bagian dari inisiatif tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Jumat (28/6) melakukan launching Rumah Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Desa Kawerang di Kabupaten Bone yang dihadiri oleh Direktur Penganekaragaman Konsumsi Pangan NFA, Rinna Syawal didampingi PJ Bupati Bone, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Provinsi Sulawesi Selatan, Camat Cina, serta Kepala Desa Kawerang.

“Hadirnya Rumah Pangan B2SA ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan warga Kabupaten Bone serta berkontribusi signifikan dalam membantu mengangkat status gizi anak-anak. Kita juga berharap kesadaran ibu-ibu di Kabupaten Bone mengenai pentingnya asupan makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman terus semakin meningkat, sehingga tumbuh generasi-generasi yang sehat, aktif dan produktif di masa mendatang.” tutur Rinna.

Adapun macam kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Rumah Pangan tersebut meliputi sosialisasi dan edukasi pola konsumsi B2SA. Selain itu akan dilakukan intervensi terhadap anak-anak yang berisiko stunting melalui pemberian makanan bergizi seimbang yang berbasis pangan lokal sesuai prinsip Isi Piringku B2SA, serta pemeriksaan antropometri secara berkala, kontinu dan terukur.

“Tercatat di kecamatan kami di Desa Kawerang terdapat 4 orang ibu hamil, 2 ibu menyusui, 6 calon pengantin dan 28 ibu yang memiliki anak gizi kurang. Dengan adanya edukasi ini kami berharap para orang tua khususnya ibu-ibu muda dapat mengimplementasikan sehari-hari sehingga anak-anak  sejak masih di dalam kandungan sampai sudah lahir ini asupan gizinya memadai.” ungkap Camat Cina, Andi Supriadi dalam sambutannya pada launching Rumah Pangan tersebut.

Hal yang sama diaminkan Andi Islamuddin selaku PJ. Bupati Bone, “Di Kecamatan Cina Desa Kawerang ini banyak ibu-ibu hamil, ibu-ibu muda, semoga dengan adanya edukasi dari Badan Pangan Nasional bersama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi dan Kabupaten menjadikan bekal, bagaimana menerapkan pola konsumsi yang baik dan benar untuk keluarganya, sehingga tidak ada dari generasi di desa ini yang terlahir stunting.” harapnya.

Hadir pula dalam launching Rumah Pangan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, TP PKK Kabupaten Bone, Kapolsek dan Koramil Kecamatan Cina,  Perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bone, serta Bapedda.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.