BADAN PANGAN NASIONAL
Hasil FSVA 2023: Daerah Rentan Rawan Pangan Berkurang, NFA Mantapkan Aksi Kesiapsiagaan Krisis Pangan

JAKARTA – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) di penghujung tahun 2023 merilis hasil penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) 2023. Dalam FSVA tahun ini, NFA menyimpulkan adanya perubahan positif tingkat kerentanan rawan pangan, dari semula 14 persen di 2022 terdepresiasi menjadi 13 persen di 2023.


“Pentingnya capaian ini tidak hanya terletak pada angka itu sendiri, tetapi juga pada implikasinya terhadap pencapaian target nasional. Dengan tingkat kerentanan yang semakin mendekati target 12 persen atau sekitar 61 kabupaten/kota, sebagaimana dituliskan pada RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2024, kita bisa melihatnya sebagai langkah awal menuju ketahanan pangan nasional yang lebih baik di tahun-tahun mendatang,” ungkap Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA, Nyoto Suwignyo saat ditemui pada Rakornas Kesiapsiagaan Krisis Pangan di Jakarta (13/12/2023).


Tercapainya penurunan tingkat kerentanan rawan pangan tahun 2023 disebut Nyoto merupakan buah kerja keras semua stakeholder pangan selama setahun ke belakang untuk secara konsisten mendukung Aksi Kesiapsiagaan Krisis Pangan yang telah dilakukan NFA melalui program-program yang secara langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


“Diantaranya bantuan pangan dalam rangka intervensi pengendalian kerawanan pangan yang menyasar ke 22 kabupaten/kota berbasis FSVA dan Prevalence of Undernourishment (PoU), penyaluran bantuan pangan beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai arahan Kepala NFA, dan mengikuti amanat Bapak Presiden Joko Widodo yang akan terus dilanjutkan sampai tahun depan. Lalu kita laksanakan juga bantuan penanganan stunting berupa telur dan daging ayam untuk Keluarga Risiko Stunting (KRS),” sambungnya.


Selain itu terdapat pula program-program lainnya yang telah dilakukan NFA dalam Aksi Kesiapsiagaan Krisis Pangan, antara lain Penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) dan Cadangan Pangan Masyarakat (CPM), pengendalian inflasi pangan, diversifikasi konsumsi pangan berbasis pangan lokal, serta Gerakan Selamatkan Pangan (GSP) untuk menekan food waste melalui Kampanye Gerakan Stop Boros Pangan.


“Pada FSVA 2022, terdapat 74 kabupaten/kota teridentifikasi sebagai daerah rentan rawan pangan atau prioritas 1-3. Kemudian FSVA pada tahun ini, terjadi perubahan yang membaik berupa penurunan jumlah menjadi 68 kabupaten/kota daerah rentan rawan pangan. Ini artinya situasi ketahanan pangan Indonesia tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun 2022,” papar Nyoto.


Selain adanya identifikasi penurunan jumlah daerah rentan rawan pangan atau prioritas 1-3, FSVA 2023 yang disusun NFA bersama tim ahli lintas Kementerian/Lembaga juga mengidentifikasi adanya kenaikan jumlah daerah tahan pangan atau prioritas 4-6 menjadi 446 kabupaten/kota, dimana sebelumnya pada FSVA 2022 terdapat 440 kabupaten/kota yang termasuk daerah tahan pangan.


Lebih lanjut, pada hasil FSVA 2023 ditemui 9 kabupaten kota yang mengalami perbaikan berdasarkan indikator FSVA nasional, antara lain di Sumatra yakni Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Karimun. Selanjutnya ada Kabupaten Tana Tidung di Kalimantan Utara. Lalu Kabupaten Alor dan  Kabupaten Sumba Barat Daya di Nusa Tenggara Timur beserta Kabupaten Maluku Tenggara Barat turut tercatat terdapat perbaikan. Di ujung timur Indonesia, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Kabupaten Sarmi di Papua juga mengalami indeks FSVA yang kian membaik.


Berkaitan dengan sebaran, daerah yang diidentifikasi termasuk wilayah rentan pangan sebagian besar terletak di bagian Indonesia Timur dan daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), serta wilayah kepulauan. FSVA mengidentifikasi faktor penyebabnya antara lain dikarenakan produksi pangan wilayah yang cenderung lebih rendah dibandingkan kebutuhan, serta prevalensi balita stunting yang masih tinggi. Masih adanya keterbatasan akses air bersih serta tingginya persentase penduduk yang hidup dalam kondisi kemiskinan juga menjadi pendorong utama.

 

“FSVA telah menjadi bagian dari upaya transformasi sebagai sarana penyediaan data dan informasi seputar kondisi terkini pangan dan gizi di Indonesia. Ini akan terintegrasi dalam mendukung pelaksanaan peran NFA sebagai motor utama dalam mewujudkan peningkatan ketahanan pangan dan gizi yang berkelanjutan. Kita terus berupaya mengakhiri kelaparan, mengentaskan kemiskinan, dan mencapai ketahanan pangan berkelanjutan sesuai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs),” pungkas Nyoto Suwignyo.


Ditemui pada kesempatan terpisah, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi juga mengungkapkan pentingnya FSVA dalam memitigasi krisis pangan “FSVA disusun menggunakan indikator yang mewakili tiga aspek, yaitu ketersediaan, keterjangkauan dan pemanfaatan pangan. Kalau tiga aspek tadi bisa bersama-sama kita kontrol dengan baik, saya yakin Indonesia akan jauh dari krisis pangan, kemiskinan dan kelaparan bisa ditekan, Indonesia akan mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.” kata Arief.


Hal senada diungkapkan Kepala Satuan Tugas Pangan Polri, Brigjen Pol Helfi Assegaf, “Krisis pangan merupakan ancaman serius karena menyangkut kebutuhan-kebutuhan dasar, kita sudah punya strategi bagaimana mempersiapkan krisis pangan berbekal FSVA karena pada akhirnya yang kita tuju adalah sustainable development, bagaimana kita mempersiapkan keberlangsungan pembangunan sampai di tahun 2030, sebelum kita menginjak Generasi Emas 2045.” tandasnya.


—————————————————————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

296/R-NFA/XII/2023


13 Desember 2023

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id


Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.