BADAN PANGAN NASIONAL
High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Pusat, NFA: 3 Langkah Pengendalian Inflasi, Jaga Target 2.5% Inflasi 2024 Tercapai

Konsistensi kebijakan serta eratnya sinergi pengendalian inflasi yang di tempuh Pemerintah tahun lalu terbukti dapat menjaga inflasi. Indeks Harga Konsumen (IHK) per Desember 2023 terjaga dalam kisaran sasaran 3,0±1%. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi pada Desember 2023 tercatat rendah sebesar 0,41% (mtm) sehingga inflasi 2023 menjadi 2,61% (yoy).


“Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras Pemerintah Pusat dan Daerah dan kita perlu melanjutkan tren terjaganya inflasi pada tahun ini” ujar Sekertaris Utama NFA, Sarwo Edhy saat mengikuti High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Pusat (HLM TPIP) 2024, Senin (29/1), di Jakarta.


Dia mengajak seluruh stakeholder terkait khususnya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pada tahun 2024 untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan masyarakat sehingga angka inflasi terus mengalami penurunan.


“Tadi Menko Perekonomian, Pak Airlangga menyampaikan inflasi Indonesia yang mencapai 2,61% di 2023 merupakan salah satu yang terendah di dunia. Indonesia disebut hanya kalah dari Jepang, Arab Saudi, Italia dan China. Melihat hasil tahun lalu kami optimis target 2.5% tahun 2024 akan tercapai,” ujar Sarwo.


Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sampai Desember 2023, beras menjadi komoditas volatile (komponen bergejolak) penyumbang inflasi tertinggi secara tahunan sebesar 0,53 persen.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah dalam HLM TPIP telah menyepakati sejumlah langkah strategis agar laju inflasi terkendali dalam sasaran tersebut. 


“High Level Meeting TPIP menyepakati beberapa langkah strategis dan konsisten untuk menjaga inflasi di tahun 2024 ini di target angka 2,5% plus minus 1%,” katanya dalam konferensi pers.


Airlangga menjelaskan, langkah strategis pertama, yaitu melalui kebijakan moneter dan fiskal yang konsisten dalam upaya mendukung pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

Kedua, mengendalikan inflasi volatile food atau harga bergejolak di bawah 5% dengan fokus pada komoditas beras, aneka cabai, dan aneka bawang. 



Ketiga, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Bantuan Pangan dan bantuan tunai langsung untuk memitigasi risiko pangan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.