Hijaunya Pekarangan Pangan Lestari di Tengah Kota Bandung

Bandung – Di wilayah perkotaan, adanya lahan yang luas untuk bertanam hampir-hampir tidak bisa lagi ditemukan. Lahan tergerus menjadi pemukiman yang padat penduduk. Namun, asa untuk bertanam dan menghasilkan pangan dari upaya sendiri tetap menyala. Seperti yang bisa dilihat di Kelurahan Karasak, Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung.

Kelurahan yang terletak di tengah kota Bandung ini merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam rentan rawan pangan dengan masyarakat berpenghasilan rendah dan lingkungan padat penduduk yang kurang terawat. Namun melalui kreatifitas dan usaha masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Kurdi Asri, kini kita dapat menikmati hijaunya tanaman dan asrinya di lingkungan ini.

Berawal dari swadaya masyarakat Karasak dalam kegiatan Kelompok Berkebun, dibentuklah KWT Kurdi Asri pada tahun 2014, dan menerima bantuan program pemanfaatan pekarangan dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian pada tahun 2018.

Menurut Ketua KWT Kurdi Asri, Ibu Eva Anggriani, dengan adanya gerakan pemanfaatan pekarangan tersebut serta bantuan dari BKP Kementan, lingkungannya menjadi hijau dengan aneka tanaman.

Meskipun lahan yang digunakan merupakan pekarangan yang tidak cukup luas, namun aneka ragam tanaman sumber pangan dapat tumbuh subur. Warga setempat memelihara ikan lele, ikan hias, serta menanam sayur mayur dan tanaman obat keluarga (Toga).

“Dari aktifitas ini kami bisa memenuhi kebutuhan pangan keluarga, bahkan dapat membantu pendapatan keluarga dengan menghasilkan produk usaha pangan olahan,” kata Eva.

Eva menuturkan, dengan hasil berkebun ini, kelompoknya menghasilkan olahan produk seperti manisan terong, nugget lele, opak bingung, kripik bayam, dan minuman Jesser (Jeruk Sereh Segar). Produk-produk tersebut selain dipasarkan secara langsung juga melalui media sosial seperti instagram dan facebook.

Kiprah KWT Kurdi Asri ini mencuri perhatian istri Menteri Pertanian, Ayunsri Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua Bidang V Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).  

Ayunsri beserta jajaran Dharma Wanita Kementerian Pertanian mengunjungi KWT Kurdi Asri pada Senin (9/3/2020).  Ayunsri mengapresiasi kelompok dan masyarakat di Kelurahan Karasak yang terus berupaya mewujudkan ketahanan pangan melalui pengembangan pekarangan pangan lestari.

KWT Kurdi Asri berkarya di pemukiman padat penduduk. Namun, kreativitasnya mampu membuat gang-gang sempit di Kelurahan Karasak menjadi hijau dan asri.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.