BADAN PANGAN NASIONAL
Ikuti Workshop Regional School Nutritional, Wujud Kerja Sama NFA dengan WFP Indonesia

Komitmen Indonesia menuju Generasi Emas 2045 diwujudkan NFA salah satunya melalui kegiatan GENIUS (Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa) sejak tahun 2023. Keunikan GENIUS mencakup perpaduan antara pemberian pangan bergizi disertai dengan edukasi reguler dan tematik tentang pangan dan gizi kepada para siswa SD untuk membentuk gaya hidup dan pemahaman yang baik sejak dini ungkap Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi pada Workshop Regional Bringing the School Nutrition Agenda in Southeast Asia to the ForeFront: Sharing of Evidence and Lessons on the Nutrition of School-Age Children, tanggal 12-13 Maret 2024 di Bangkok, Thailand. 


Workshop ini terselenggara sebagai wujud kolaborasi strategis antara WFP - WHO - UNICEF. Pada workshop tersebut, partisipasi NFA diwujudkan pada sesi Market Place berupa Panel Poster mengangkat aktivitas GENIUS tahun 2023-2024. Panel poster Indonesia juga dilakukan bersama UNICEF Indonesia yang mengangkat tema tentang Aksi Bergizi. Indonesia mendapatkan apresiasi sebagai presenter poster favorit pertama. Selanjutnya Prof Dr Ronald Bundy, Direktur Konsorsium Penelitian untuk Kesehatan dan Gizi Sekolah  juga menyampaikan apresiasi atas kolaborasi kegiatan GENIUS dengan jejaring perguruan tinggi gizi nasional di Indonesia.  Nita menyatakan bahwa GENIUS secara aktif melibatkan pakar, dosen dan mahasiswa yang tergabung dengan AIPGI untuk mengawal GENIUS termasuk pelaksanaan baseline-endline dan pemberian edukasi gizi.


Partisipasi Indonesia pada petemuan ini juga mencakup panel sesi 2 oleh Dirjen Kemendikbud tentang Aksi Bergizi yang dilakukan Indonesia melibatkan partisipasi lintas K/L Terdapat pula pemaparan oleh Direktur Kemenkes tentang kesepakatan ASEAN tentang Comprehensive School Nutition Framework. Hal ini sebagai tindaklanjut ASEAN Leaders Declaration tentang Ending All Forms of Malnutritions.


Partisipasi NFA pada workshop ini merupakan wujud kerja sama Badan Pangan Nasional dengan WFP Indonesia, dengan salah satu ruang lingkup mengenai kemitraan untuk penguatan gizi anak sekolah. WFP merupakan mitra kerja internasional yang turut mendukung penyiapan kegiatan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (GENIUS) sejak tahun 2023. Momen partisipasi pada workshop ini menjadi forum berbagi pengalaman Indonesia, salahsatunya terkait dalam pelaksanaan GENIUS kepada mitra internasional, yaitu WFP, WHO, UNICEF termasuk kepada para partisipan negara yang hadir.



Partisipan Regional workshop ini mencapai 100 peserta mencakup lintas kementerian/lembaga dari 9 (sembilan) negara di kawasan Asia Tenggara, yaitu: Indonesia, Malaysia, Laos, Cambodia, Philippines,  Myanmar, Timor Leste, Vietnam, dan Thailand. Partisipasi Indonesia juga melibatkan lintas K/L yaitu Dirjen PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA, Direktur Gizi KIA Kemenkes, unsur Bappenas, Kemenko PMK dan Kementerian Agama.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.