BADAN PANGAN NASIONAL
Indeks Nilai Tukar Petani Subsektor Tanaman Pangan dan Peternakan Membaik, Badan Pangan Nasional Konsisten Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Petani dan Peternak

JAKARTA – Dalam menjalankan fungsi sebagai stabilisator pangan, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) secara konsisten menaruh atensi besar pada keberimbangan dari sektor hulu sampai hilir. Di hulu, kepentingan produsen seperti petani dan peternak terkait harga acuan dan keberlangsungan kegiatan produksi merupakan aspek fundamental yang terus disokong NFA. Namun, di sektor hilir yaitu harga yang baik dan wajar bagi konsumen juga harus dapat diciptakan.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah mengarahkan kami agar harga pangan pokok itu dapat dikondisikan supaya selalu baik dan wajar, mulai dari petani dan peternak hingga sampai di masyarakat. Ini yang terus Badan Pangan Nasional kerjakan, termasuk kesejahteraan petani dan peternak,” terang Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam keterangannya di Jakarta, pada Selasa (16/7/2024).

“Kami percaya kalau sedulur petani dan peternak itu makin sejahtera, maka semangat berproduksi akan meningkat. Ketahanan pangan nasional yang ditopang dari produksi dalam negeri pun dapat terwujud. Ini karena kita ingin pangan Indonesia bisa terus mengutamakan hasil dari jerih payah sendiri, sehingga kepentingan sedulur petani dan peternak senantiasa jadi perhatian Badan Pangan Nasional,” imbuhnya.

Salah satu indikator kesejahteraan petani dan peternak dapat dilihat dari indeks Nilai Tukar Petani (NTP), terutama subsektor tanaman pangan (NTPP) dan subsektor peternakan (NTPT). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), NTPP tertinggi dalam 18 bulan terakhir tercatat di Februari 2024 yang berada di 120,30 poin.

Terbaru, di Juni 2024, kondisi petani tanaman pangan, khususnya kelompok padi, mengalami kenaikan signifikan sebesar 2,37 poin. Ini mengacu pada indeks harga yang diterima petani kelompok padi yang berada di 130,74 dibandingkan bulan sebelumnya di 127,71.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui NFA pada awal Juni resmi menetapkan pemberlakuan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah dan beras melalui Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 4 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Perbadan 6 Tahun 2023 tentang Harga Pembelian Pemerintah dan Rafaksi Harga Gabah dan Beras. Dengan HPP tersebut, harga di petani dapat terjaga dan BPS mencatat di Juni 2024, rerata harga Gabah Kering Panen (GKP) kadar air 19,68 persen di tingkat petani berada di Rp 6.171 per kilogram (kg).

“Sedulur peternak unggas pun tak lepas kita fasilitasi. Tatkala jagung pakan di tahun lalu mengalami fluktuasi karena produksi yang terbatas, program SPHP jagung pakan bersama Perum Bulog kita gelontorkan untuk menunjang keberlangsungan peternak unggas. Jagung pakan sangat penting bagi mereka. Ini juga demi menjaga kestabilan komoditas telur dan daging ayam yang bisa terdampak, apabila peternakan unggas bergejolak,” jelas Arief.

Realisasi penyaluran program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) jagung pakan sampai April 2024 telah mencapai 303 ribu ton. Daerah peternak unggas yang menerima manfaat program ini tersebar di 18 provinsi.

NFA pun turut mendukung mobilisasi jagung dari petani asal Nusa Tenggara Barat kepada peternak unggas yang dilakukan secara Business to Business (B2B). Skema B2B ini dilaksanakan bersama Bulog berkolaborasi dengan kelompok peternak unggas di Blitar, Jawa Timur. Dari Mei sampai Juni, realisasi telah 1.898 ton dengan rincian jagung dari Bima 1.505,2 ton dan Dompu 392,7 ton. 

Dengan berbagai dukungan tersebut, indeks NTPT terus terjaga di atas 100 poin sejak Maret 2023. Indeks tertinggi ada di Juni 2024 yang berada di 104,81. Adapun NTPT ini berasal dari kelompok peternak yang terdiri dari unggas, ternak besar, ternak kecil, dan hasil ternak.

Khusus indeks peternak unggas, dilihat dari indeks harga yang diterima, masih berada di level yang cukup baik. Pada Juni 2024, seperti dilaporkan BPS, indeks berada di 122,61. Angka ini lebih tinggi dibandingkan awal 2024 yang berada di 115,68.

Sementara puncak indeks harga yang diterima peternak unggas tercatat pada April 2024 di 124,88 poin. Capaian ini merupakan yang tertinggi dalam 18 bulan terakhir.

—————————————————————


*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

139/R-NFA/VII/2024

16 Juli 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.