BADAN PANGAN NASIONAL
Inflasi Terkendali, NFA Terus Dorong Penguatan Sinergitas Pusat dan Daerah

Dalam rangka pengendalian inflasi pangan daerah bulan Juni 2023, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) telah menyiapkan beberapa strategi, program, dan kegiatan yang dapat dilaksanakan secara serentak bersama kementerian/lembaga, BUMN, serta Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.


Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa dalam Rakor Pengendalian Inflasi Pangan Daerah yang dihadiri seluruh Pemda secara daring dan dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta pada Selasa (06/06/2023).


"Mengantisipasi krisis pangan yang dapat terjadi akibat perubahan iklim El Nino kami minta seluruh Pemda agar melakukan mitigasi pangan sebagaimana diamanatkan Presiden Joko Widodo antara lain melalui peningkatan produksi pangan, kerja sama dengan BUMN sebagai offtaker, serta memastikan kelancaran distribusi pangan," ungkapnya.


Di samping itu untuk mencukupi peningkatan permintaan bahan pangan jelang HBKN Idul Adha 2023, NFA terus melakukan upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan khususnya untuk komoditas beras, jagung, bawang merah, bawang putih, daging ayam ras, telur, gula, minyak goreng, serta sapi dan kambing. 


Untuk itu NFA terus mendorong penyaluran bantuan pangan, pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah, serta Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP). 


Pengendalian inflasi menunjukkan perkembangan positif di mana BPS mencatat tren inflasi mengalami penurunan (y on y) dari 4,33 persen di bulan April 2023 menjadi 4 persen di Mei 2023. Kepala NFA Arief Prasetyo Adi seusai RDP dengan Komisi IV DPR RI, Senin (5/6/2023) meminta jajarannya agar terus menjaga inflasi pangan agar tidak berdampak pada lonjakan inflasi. Ia juga menegaskan pentingnya peran para provinsi dan kabupaten/kota dalam menjaga inflasi pangan.  


Karena itu, Ketut dalam rakor tersebut menegaskan bahwa para Kepala Daerah agar bertanggung jawab secara langsung terhadap pangan di wilayahnya antara lain melalui pemberdayaan lokal champion, identifikasi strategi aksi menghadapi dampak El Nino, peningkatan anggaran pangan di daerah, serta kolaborasi bersama kementerian/lembaga dan lintas Daerah. 



#pangan #pangankuatindonesiaberdaulat #ketahananpangan #kemandirianpangan #kedaulatanpangan #sinergipangan #inflasi #inflasipangan #rakornas

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.