INISIATIF ZERO HUNGER CHALLENGE : Mewujudkan Dunia Tanpa Kelaparan

INISIATIF ZERO HUNGER CHALLENGE 
MEWUJUDKAN DUNIA TANPA KELAPARAN

Inisiatif Zero Hunger Challenge (ZHC) telah diangkat dan diperkenalkan oleh UN Secretary-General Ban Ki-Moon pada tahun 2012 melalui lima pilar yang akan dicapai sampai tahun 2025, yaitu: a) 100% akses pangan yang mencukupi sepanjang tahun; b) Pengentasan kasus Stuntingpada Anak dibawah 2 Tahun; c) Semua sistem pangan berkelanjutan;d) Penggandaan produktivitas dan pendapatan petani kecil;dan e) Tidak ada lagi kehilangan hasil dan pemborosan pangan.

Seiring dengan mandat FAO untuk mewujudkan dunia tanpa kelaparan, Dr. Graziano Da Silva, Dirjen FAO yang kembali terpilih pada periode 2015-2019 semakin menggaungkan inisiatif ini melalui beberapa aksi kolaboratif di tingkat regional khususnya di Kawasan Asia Pasifik dan Afrika. Di kawasan Asia Pasifik, Dr. Graziano Da Silva menyebutkan bahwa Filipina dan lima Negara lainnya telah secara resmi mencanangkan inisiatif tersebut, sedangkan Indonesia, India dan Bangladesh sedang pada tahap pembahasan.

Untuk berbagi pengalaman dalam pencanangan dan implementasi ZHC di beberapa Negara, FAO telah menyelenggarakan Side Event Zero Hunger Challenge pada hari Senin, 8 Juni 2015 bertempat di Green Room, FAO Headquarter, Roma, Italia yang juga dihadiri oleh Delegasi Indonesia pada sidang FAO Conference ke-39 dari BKP dan PKLN Setjen Kementan.

Dalam sambutannya pada acara tersebut, Dr. Graziano Da Silva menyebutkan bahwa terdapat common element dalam implementasi ZHC diantaranya upaya perlindungan sosial, program pemberdayaan masyarakat dan praktek family farming.  Lesson learn disampaikan oleh Malawi, Lao PDR dan Equador. Komitmen pemerintah di Malawi diwujudkan dengan kebijakan subsidi input berupa benih dan pupuk, implementasi School Feeding Program, dan perlindungan sosial. Lao PDR berpegang pada 4 komponen kunci, yaitu stabilitas politik; political will pada sektor pangan; investasi dan technology transfer; dan pembangunan sosial dan desentralisasi. Adapun di Equador, petani skala kecil merupakan target utama pengentasan kemiskinan dan terdapat kebijakan publik yang sifatnya cross-cutting dan melibatkan lintas sektor.

Beragam lesson learn dari Negara-negara tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Indonesia untuk mempersiapkan lebih lanjut upaya pencanangan ZHC di Indonesia, serta penyesuaian dengan target, prioritas nasional dan upaya implementasinya. Mengingat bahwa pencapaian lima target Zero Hunger Challenge (ZHC) melibatkan komitmen lintas K/L diantaranya Kemtan, KKP, KLHK, Kemkes, PU, Kemenristek, Dikti, Bappenas, Kemenko PMK, dan Kemenko Perekonomian sehingga perlu semakin terkoordinir antar lintas sektor untuk mewujudkan Indonesia bebas dari kelaparan.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.