BADAN PANGAN NASIONAL
Intensifkan Pencegahan Food Waste, NFA Kolaborasi dengan Pemerintah Denmark Gencarkan Kampanye Stop Boros Pangan

Food Loss and Waste (FLW) memiliki dampak yang besar secara ekonomi dan lingkungan, bahkan jika dimanfaatkan dengan baik potensi pangan berlebih di Indonesia dapat memberi makan 61-125 juta orang atau setara 29-47% populasi Indonesia.  


“Untuk itu, perlu dimasifkan upaya sosialisasi, promosi dan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pemahaman yang baik terkait pencegahan dan penanganan food waste melalui  Gerakan Selamatkan Pangan”, Ujar Nyoto Suwignyo, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) pada saat melakukan kunjungan kerja di Denmark.


NFA menggunakan ikon “Stop Boros Pangan” guna mengintensifkan Gerakan Selamatkan Pangan yang telah diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional. “Selanjutnya, berbagai langkah kolaborasi telah dilakukan dengan sektor pentahelix ABCGM (Akademisi, Bussiness, Community, Government dan Media)” ungkap Nyoto lebih lanjut.


NFA berkesempatan melakukan pertemuan pada rangkaian Benchmarking Visit tentang Food Loss and Waste (FLW) dengan Danish Veterinary and Food Administration (DVFA) untuk berbagi informasi terkait langkah nyata yang telah dilakukan NFA dalam mengurangi FLW.  Salahsatunya diinformasikan bahwa upaya GSP di Indonesia telah mencakup piloting di Jabodetabek (2022) dan saat ini diperluas di 12 Provinsi di Indonesia pada tahun 2023, ujar Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA.


Hal serupa juga disampaikan oleh DVSA Denmark, dengan menyampaikan bahwa strategi komunikasi FLW juga secara intensif diberikan kepada masyarakat Denmark melalui branding kampanye “Ta’Madansar” (bermakna: Take Food Seriously - Avoid Food Waste). Kampanye tersebut menekankan bahwa konsumen harus memiliki rasa tanggungjawab atas pangan yang dikonsumsinya, jangan terbuang percuma. Adapun fokus kampanye: keluarga dengan anak-anak, ujar Ms Anne Pohl, Head of Divison Sustainable Diet and Health, DVFA. 


Badan Pangan Nasional dalam kegiatan Benchmarking Visit ke Denmark tentang Food Loss and Waste selama kurun waktu 13-17 November 2023 juga melakukan kunjungan ke Food Nation, DTU-Skylab Food Lab dan Lembaga Think Tank FLW One\Third, serta melakukan pertemuan dengan pihak swasta Denmark.



Sebagai langkah tindak lanjut Strategic Sector Cooperation antara Pemri dan Denmark, akan memperkuat strategi komunikasi untuk kampanye pencegahan food waste di Indonesia kepada seluruh elemen masyarakat.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.