BADAN PANGAN NASIONAL
Jadi Mitra Percontohan Program Susu Gratis, NFA Apresiasi Sektor Swasta Dukung Program Penguatan Ketahanan Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menghadiri acara peresmian pabrik baru PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC) Kota Deltamas, Sukamahi, Cikarang Pusat, pada Selasa (2/7/2024).

Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA, Nyoto Suwignyo mengungkapkan Susu memiliki peranan penting dalam ketahanan pangan, karena selain menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, susu juga berkontribusi pada rantai ekonomi dan sosial yang menyokong kesejahteraan masyarakat terutama di tingkat tapak.

“Kami mengapresiasi Frisian Flag Indonesia atas komitmen terhadap keberlanjutan dan inovasi, saya lihat upaya untuk memproduksi produk susu yang bergizi bagi keluarga Indonesia sambil meminimalkan jejak ekologi kami sebanyak mungkin, berkontribusi positif bagi masyarakat dan bumi ini sangat luar biasa,” Ujarnya usai melakukan factory visit pabrik baru Frisian Flag Indonesia di Cikarang, Selasa (2/7/2024)

Pemerintah menunjuk PT Frisian Flag Indonesia sebagai mitra untuk bekerja sama dalam proyek percontohan program susu gratis. Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro menjelaskan, dengan kerjasama ini, pihaknya nantinya akan memproduksi susu yang akan didistribusikan ke 10 Sekolah Dasar (SD) di kawasan Cikarang, Jawa Barat. 

“Pemerintah kan punya program Makan Siang Gratis nah dalam program itu kita ditunjuk untuk memproduksi susunya yang akan disalurkan ke 10 SD di Cikarang. Ini masih pilot project dengan begitu kita nanti sama-sama mau melihat progres yang cocok untuk program ini seperti apa makanya hanya melibatkan 10 sekolah dulu,” ujarnya Andrew.

Lebih lanjut Nyoto menyampaikan engan beroperasinya pabrik baru ini tentu akan berdampak terhadap penyerapan susu segar yang di perkirakan sebesar 130.000 juta kilogram per tahun. Hal ini tentunya akan memberikan peluang dan motivasi bagi peternak mitra di dalam negeri untuk terus meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya serta menurunkan ketergantungan impor pemerintah akan susu.

“Sejalan dengan arahan Kepala NFA, kami harap PT. FFI berkolaborasi dan mengembangkan kemitraannya dengan peternak sapi perah sehingga dapat menyerap susu segar secara maksimal dari peternak sapi perah dalam negeri. Tentu upaya ini merupakan bentuk dukungan program pemerintah dalam peningkatan status gizi Indonesia yang sehat, aktif, dan produktif menuju Generasi Emas 2045,’’ Ujar Nyoto.

Peresmian dihadiri oleh Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika, Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo, CEO FrieslandCampina Jan Derck van Karnebeek, Presiden Direktur Frisian Flag Indonesia, Berend van Wel, Pj. Bupati Bekasi beserta jajaran Forkopimda, unsur K/L, akademisi dan mitra FFI serta seluruh tamu undangan dan staf FFI lainnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.