BADAN PANGAN NASIONAL
Jaga Keberlanjutan Sumber Daya Air untuk Mitigasi Kerawanan Pangan dan Gizi

Dalam rangka meningkatkan kepedulian, sinergitas dan semangat Pelestarian Sungai, Deputi II Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo menghadiri Kegiatan Susur dan Bersih-Bersih Sungai di Tepi Sungai Ciliwung MT Haryono (27/7).


“Pelestarian sungai merupakan salah satu antisipasi dalam menghadapi dampak fenomena El Nino yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus ini. Dengan mengupayakan pelestarian sungai, masyarakat beserta pemerintah bersama-sama menjaga keberlanjutan sumber daya air berkualitas, sehingga kekeringan ekstrem dapat dihindari serta ketersediaan pangan di berbagai daerah tetap terjaga.” jelas Nyoto.


Menurut Nyoto kegiatan ini merupakan bentuk respon konkret terhadap tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. Partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lini secara tidak langsung juga mendukung ketahanan pangan. Salah satu program NFA yakni Sistem Peringatan Dini Kerawanan Pangan dan Gizi (SKPG) pun membutuhkan sinergi kolaborasi antar Kementerian/Lembaga. Menengok terdapat indikator yang terkait dengan Kementerian/Lembaga lainnya.


“Dalam pemenuhan data SKPG, terdapat berbagai variabel yang terkait dengan ketersediaan sumber daya air. Diharapkan semakin banyak pihak yang dapat melakukan kerjasama dalam pelestarian sungai agar dapat mendorong langkah strategis dalam mitigasi kerawanan pangan dan gizi.” tambah Nyoto.


Arief Prasetyo Adi selaku Kepala NFA dalam kesempatan terpisah menegaskan bahwa SKPG merupakan hal vital terutama karena Indonesia sedang menghadapi ancaman El Nino. “Setiap daerah perlu melakukan mitigasi kerawanan pangan dan gizi di wilayah masing-masing. SKPG sendiri dihimpun berdasarkan berbagai aspek, perlu adanya sinergitas antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Kementerian/Lembaga terkait, serta masyarakat untuk bergerak bersama mengantisipasi dan memastikan ketersediaan pangan.” ungkapnya.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.