BADAN PANGAN NASIONAL
Jaga Kestabilan Pasokan Dan Harga Pangan, NFA Tinjau Gudang Bulog Bara Palopo Sulsel Untuk Pastikan Kesiapan Stok Penyaluran Bantuan Pangan dan SPHP

Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA, Sri Nuryanti dalam rangkaian kunjungan kerja Badan Pangan Nasional ke Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Senin (24/06) melakukan pengecekan ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Bara Palopo.

Sri Nuryanti menyampaikan untuk memastikan ketersediaan pangan yang stabil dan harga yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, NFA selalu memonitor kondisi kebutuhan pangan terutama beras di seluruh wilayah Indonesia. Adapun saat ini, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Bulog mencapai 1,6 juta ton.

“Hal ini menjadi perhatian Kepala Badan Pangan dalam setiap kunjungan mengecek stok dan ketersediaan beras di gudang-gudang Bulog yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia untuk memastikan stok aman, setelah kemarin kita cek ke gudang Talumolo Gorontalo sekarang  kami dan Tim Pengendalian Kerawanan Pangan NFA melakukan peninjauan di Gudang Bara Palopo’’ Ujar Sri Nuryanti.

Sri Nuryanti mengatakan secara umum kondisi stok beras yang ia tinjau di Gudang Bulog Bara yang berkapasitas 5.000 Ton ini tersedia cukup baik dengan stok sebanyak 4.462 Ton yang tersedia. “Kita sudah cek ketersediaan dan kualitas beras yang ada di gudang Bulog, itu berasnya bagus, selain beras Gudang Bulog Bara telah melakukan pengadaan Jagung dengan skema mandiri komersial sebanyak 20 Ton " Jelasnya.

“Kami juga mengapreasi kinerja Bulog Cabang Palopo, Sulawesi Selatan yang telah merealisasikan 100% pengadaan dalam negeri TA 2024 dengan skema PSO dari target 7.750 Ton dengan HAP sebesar Rp. 11.000/Kg. Nah bagi masyarakat Palopo dan sekitar tidak perlu khawatir akan stok beras, kami pastikan stok beras di wilayah Sulsel aman,’’ Tandasnya.

Sebagai bentuk mitigasi, NFA juga melakukan berbagai aksi intervensi seperti Pengendalian Kerawanan Pangan, Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), Kerja sama Antar Daerah (KAD), dan Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk menjaga disparitas harga di masyarakat guna menjaga laju inflasi nasional.

Pada kunjungan hari ini turut hadir mendampingi Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo dan Kepala Perum Bulog Cabang Palopo.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.