BADAN PANGAN NASIONAL
Jaga Penguatan Ketahanan Pangan, NFA Dorong Diversifikasi Pangan Pada Rakor Ketahanan Pangan Kabupaten Bireuen

Sebagai upaya penanggulangan ancaman krisis pangan dan permasalahan keamanan pangan yang membutuhkan langkah-langkah antisipasi dari seluruh stakeholder, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus melakukan koordinasi guna merancang strategi penguatan ketahanan pangan yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat bersama pemerintah daerah. 


Hal ini disampaikan Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto pada saat membuka Rapat Kordinasi dalam rangka menjalankan fungsi supervisi dan pendampingan untuk penguatan ketahanan pangan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen pada Jumat (22/12/23) di Kantor Bupati Bireuen.


“Aspek krusial yang menjadi fokus dalam kegiatan percepatan penguatan ketahanan pangan di Indonesia yaitu pengelolaan cadangan pangan pemerintah, stabilisasi pasokan dan harga pangan, penguatan sistem logistik pangan, pengendalian dan pengentasan wilayah rentan rawan pangan dan gizi, penganekaragaman konsumsi pangan, serta jaminan keamanan dan mutu pangan,” ujar Andriko. 


Andriko menyampaikan bahwa cadangan pangan menjadi hal yang krusial dari aspek ketersediaan, tidak hanya di tingkat pusat namun juga tingkat daerah. “Cadangan pangan di daerah harus terdata, tidak hanya jumlahnya tapi juga lokasinya, dan kita harus merubah mindset bahwa cadangan pangan tidak harus selalu beras, tetapi disesuaikan dengan pola konsumsi masyarakat setempat masing-masing, kita harus dorong diversifikasi pangan sesuai potensi wilayah masing-masing," tambahnya. 


PJ Bupati Bireuen Aulia Sofian mengatakan bahwa ketahanan pangan bukan sekadar soal produksi pangan yang mencukupi, tetapi juga tentang bagaimana kita mengelolanya secara berkelanjutan, menyediakan akses yang merata kepada semua lapisan masyarakat, serta memastikan bahwa pangan yang mereka konsumsi adalah pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA). 


"Ketahanan pangan adalah fondasi kehidupan yang kuat bagi setiap individu, keluarga, dan bangsa. Ini bukan hanya soal makanan, tetapi Juga tentang keberlanjutan, kedaulatan pangan, dan kesejahteraan masyarakat," ujar Sofian.


”Karenanya, saya ingin mengingatkan kita adalah penjaga dan pelindung hak masyarakat atas pangan yang cukup, berkualitas, dan tentunya beragam, bergizi seimbang dan aman” tutupnya.


Turut hadir dalam acara ini, Dinas Pangan Provinsi Aceh, Dinas Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bireuen, Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen, Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Penyulus Pertanian dan Camat se-Kabupaten Bireuen.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.