Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan, TTIC Daerah Terus Bertambah

Jaga Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan, TTIC Daerah Terus Bertambah


Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan bahan pangan menjelang Ramadhan,  pemerintah Provinsi Aceh melakukan Peresmian Toko Tani Indonesia Center (TTIC), TTIC menggelar pangan pokok strategis dengan harga yang murah dan berkualitas kepada masyarakat di Bandar Baru Lamprit, Banda Aceh, Rabu (9/5/18).


Dalam sambutan tertulisnya Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi yang dibacakan Kepala Bagian Evaluasi dan Pelaporan BKP Hasanudin Rumra menyebutkan bahwa TTIC di daerah merupakan upaya sinergitas di tingkat pusat dan daerah terutama pada masa hari besar keagamaan nasional (HBKN).


"Ini adalah salah satu upaya untuk menjaga stabilisasi harga dan pasokan sebagai bagian dalam pembangunan ketahanan pangan" ungkap nya.


Selanjutnya dikatakan Hasan, TTIC merupakan lembaga yang dibentuk untuk meningkatkan efisiensi pasokan pangan dari produsen di wilayah sentra ke TTI di wilayah konsumen.


"TTIC juga merupakan sarana bagi gapoktan/supplier pangan pokok strategis untuk memasarkan komoditas pangan" tegas nya.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Aceh Darmawan dalam sambutan nya juga mengungkapkan bahwa kebutuhan pangan harus tersedia hingga ke daerah-daerah terpencil, selain jumlah dan cadangan pangan harus cukup, bahan pangan itu juga harus bermutu,aman,bersih dan halal serta berbasis pada potensi pangan lokal.


"Dengan demikian terjadinya rawan pangan dan gizi dapat diantisipasi sejak dini" tegas nya.


Selanjutnya Darmawan mengungkapkan bahwa Perhatian pemerintah Aceh bukan hanya fokus pada peningkatan produksi dan produktivitas petani saja tapi juga menyangkut kemudahan distribusi dan penjualan agar lebih cepat dan menguntungkan bagi para pihak, petani ataupun konsumen.


"Program tersebut kita namakan "Aceh Troe" yang tujuan utamanya mengurangi kerawanan pangan, mengembangkan kawasan lumbung pangan serta mewujudkan ketersediaan pangan untuk  mencapai Program Aceh Hebat tahun 2022” tegas nya.


Dalam acara yang mendapat antusiasme masyarakat ini, dijual berbagai bahan pangan pokok strategis berkualitas dan terjangkau, antara lain  beras Rp. 42.500/5kg, gula 12.000/kg, daging sapi beku 105.000/kg, minyak goreng 13.000/liter, telur 1.150/butir, cabe merah 30.000/kg dan bawang merah aceh 32.000/kg.


Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pangan Aceh dan para Kepala Dinas Provinsi Aceh, Bulog, perwakilan BI, Gapoktan PUPM, Perwakilan TTI, Distributor Pangan Pokok dan Strategis, Asosiasi dan Masyarakat yamg memadati lokasi acara.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.