BADAN PANGAN NASIONAL
Jamin Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), NFA Lakukan Pengawasan Terhadap Pemenuhan Persyaratan Keamanan Pangan pada Freshmart Kota Manado

Dalam rangka menjamin keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) melalui Direktorat Pengawasan Penerapan Standar dan Keamanan Mutu Pangan menerjunkan tim Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) guna melaksanakan pengawasan terhadap pemenuhan persyaratan kemanan pangan di ritel modern Freshmart, Kota Manado, pada Rabu (4/10/2023).


Aksi pemantauan kondisi pangan ini dimaksudkan untuk melakukan pengawasan langsung pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan guna memastikan pangan segar yang dikonsumsi masyarakat aman dan terhindar dari kandungan residu yang melebihi ambang batas dan dari cemaran zat kimia, biologi, maupun fisik.


Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto mengatakan, NFA terus menjamin keamanan dan mutu pangan dengan menerjunkan tim OKKP NFA ke ritel modern guna melakukan pengawasan langsung terhadap pemenuhan standar keamanan dan mutu pangan.


"Pada kesempatan ini, sedang dilakukannya pengujian cepat terhadap residu pestisida golongan organofosfat pada sampel anggur dan jeruk yang diambil dari Ritel Freshmart Paniki Kota Manado oleh tim OKKP, dengan hasil menunjukkan bahwa semua sampel dapat dinyatakan aman," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga pengawasan dan sosialisasi label kemasan pangan PSAT di Freshmart Paniki Kota Manado. Oleh karena masih ditemukan beberapa label kemasan pangan segar asal tumbuhan yang tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selanjutnya, NFA menghimbau agar ritel Freshmart mensyaratkan supplier untuk memiliki izin edar Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dan tidak memperjualbelikan PSAT yang tidak memiliki identitas pada kemasan.


Hal tersebut selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kepala NFA Arief Prasetyo Adi, menyampaikan bahwa pentingnya label pangan untuk menjaga kualitas hidup dan daya saing produk lokal. Menurut Arief, keberadaan label pangan penting untuk melindungi kualitas konsumsi masyarakat.


"Pemerintah memiliki peran yang sangat besar dalam menjamin keamanan pangan, salah satunya dengan menyiapkan label langan sebagai keterangan pangan. Selain membantu dunia usaha meningkatkan kualitas produk, label pangan juga penting untuk melindungi kualitas konsumsi masyarakat," ungkapnya.


Dalam kunjungan kegiatan pengawasan ini turut hadir mendampingi diantaranya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Utara, Tim Pengawas Dinas Pangan Kota Manado, dan perwakilan dinas terkait di lingkup Kota Manado.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.