BADAN PANGAN NASIONAL
Jawab Tantangan Krisis Pangan, NFA Ajak Masyarakat Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Potensi Pangan Lokal

Badan Pangan Nasional melalui Direktur Perumusan Standar Keamanan dan Mutu Pangan Yusra Egayanti hadiri peringatan Hari Pangan Sedunia ke-42 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang mengusung tema ”Mewujudkan Peta Jalan Pembangunan Pertanian Menuju Ketahanan Pangan (Talenta Pangan) pada Kamis, (26/10/2023) di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Kota Tanjungpinang.


Pada kesempatan tersebut, Yusra menyampaikan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ini pencapaian ketahanan  dan keamanan pangan menjadi isu yang semakin penting saat ini mengingat berbagai tantangan yang semakin berkembang baik di tingkat nasional maupun internasional.


"Beberapa kurun waktu terakhir, ancaman krisis pangan semakin nyata, hal tersebut tentu berdampak pada keamanan pangan, yang mana keamanan pangan memiliki pengaruh yang krusial dan langsung terhadap kesehatan manusia. Untuk itu, perlu adanya mitigasi dan antisipasi untuk mencegah gangguan akses pangan melalui strategi perwujudan ketahanan dan keamanan pangan," ujar Yusra.


Pada kesempatan tersebut, Yusra yang hadir juga dalam Talkshow Dialog Kepri Gemilang TVRI menyampaikan pemerintah pusat dan daerah perlu bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan ketahanan pangan melalui pilar ketersediaan, keterjangkauan, dan pemanfaatan.


"Bagi seluruh masyarakat, ketahanan pangan dapat dimulai dari hal yang kecil seperti pemanfaatan pekarangan, bijak dalam mengkonsumsi pangan, konsumsi pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman), serta terapkan prinsip keamanan pangan untuk mencapai individu yang sehat, aktif dan produktif," ungkap Yusra.


Kegiatan ini juga disejalankan dengan Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2023. Melalui kegiatan ini diharapkan tercipta aneka kreasi menu pangan B2SA yang mudah diaplikasikan serta terjangkau sesuai dengan potensi pangan lokal di masing-masing daerah.


Gubernur Provinsi Kepri yang diwakili Assisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra T.S Arif Fadillah dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa mengonsumsi masakan B2SA dan makan ikan harus dibiasakan, khususnya pada anak-anak.


"Anak-anak harus kita biasakan untuk mengonsumsi ikan, apalagi sumber daya ikan di Kepri sangat melimpah. Soal jenis ikan yang dikonsumsi ini bisa apa saja dan semuanya punya kandungan gizi sangat tinggi,” jelas Arif.


Turut hadir juga Ketua TP-PKK Provinsi Kepri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri, para Pimpinan Instansi Vertikal Kepri, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kepri, para Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri yang hadir atau yang diwakili dan para Ketua Organisasi Wanita se-Provinsi Kepri.






BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.