BADAN PANGAN NASIONAL
Jelang Hari Raya Idulfitri, NFA Tinjau Pasar Legi Ponorogo Pastikan Harga dan Stok Aman

Dalam rangka monitoring terkait stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) tinjau Pasar Legi Ponorogo (22/3/2024).


"Hari ini kita melakukan pemantauan pasokan dan harga pangan yang ada di Pasar Legi Ponorogo menjelang hari raya Idulfitri, untuk bahan pangan pokok strategis, beras, daging, ayam, telur dan minyak goreng relatif termonitor stabil," ujar Deputi 3 NFA Andriko Noto Susanto saat melakukan tinjauan ke Pasar Legi Ponorogo.


"Jadi ada beberapa yang naik tadi ada tomat kemudian cabe, dan ayam naik sedikit Rp.500 tapi yang pasti pasokannya aman. Beras premium, beras medium di Pasar Legi stabil, baik dari pasokan maupun harganya, harganya ada di kisaran Rp10.500 sampai Rp11.600, dan harga itu bagus, ini berkat Bulog yang menggerojok beras SPHP setiap minggu sebanyak 3 kali antara 8-10 ton," tambah Andriko.


Di Pasar Legi Ponorogo juga terdapat warung Jathilan (jaga stabilitas inflasi pangan) yang merupakan kerja sama perum bulog cabang Ponorogo serta tim pengendali inflasi daerah Kabupaten Ponorogo. Disediakan 70 kupon per kelurahan setiap harinya, satu hari ada 3 kelurahan yang jadwalnya akan digilir setiap harinya selama seminggu sebanyak 19 kelurahan di Ponorogo. 


"Tiap KK mendapatkan kuota maksimal 10kg atau 2 kemasan beras SPHP setiap minggunya, dan ini dilakukan dari hari senin sampai minggu terus menerus sesuai dengan jadwalnya. Dan untuk tiap minggunya kita instruksikan kepada kelurahan untuk memilih orang yang berbeda agar distribusinya bisa merata. Khusus untuk program ini kita alokasikan 14 ton tiap minggunya," ungkap Aan Sugiarto selaku Kepala Cabang Bulog Ponorogo.


Ini merupakan upaya konkrit pemerintah terkait stabilisasi pasokan dan harga pangan khususnya menjelang hari besar keagamaan nasional seperti bulan ramadan dan lebaran tahun 2024.


"Kita terus monitor dan pastikan agar harga dan juga stok pangan selalu stabil di masyarakat apalagi menjelang hari-hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan lebaran kali ini, Pak Presiden juga memberikan arahan agar pangan di masyarakat jangan sampai terganggu," tutup Andriko.



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #SPHP #Bulog #Bapanas #ramadan #PanganKuatIndonesiaBerdaulat #Ponorogo

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.