BADAN PANGAN NASIONAL
Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, NFA Bersama Pemkab Gianyar Gencarkan Gerakan Pangan Murah Untuk Jaga Stabilitas Harga dan Inflasi Pangan

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Kelautan Kab Gianyar menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bertajuk "Sinergi Bersama untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan" di Alun alun Kota Gianyar ,Bali, Jumat (22/12).


GPM merupakan program yang diluncurkan oleh Badan Pangan Nasional sebagai upaya pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.


Istri Penjabat (Pj) Bupati  Gianyar yang juga menjadi Ketua TP PKK Kab Gianyar Ny Dewa Tagel Wirasa mengatakan, gerakan pangan murah dilakukan serangkaian dengan hari ibu sekaligus memantau harga-harga bahan pokok dan mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok di pasaran.


“Ya mudah-mudahan (dengan acara gerakan pangan murah ini) pengendalian inflasi juga terjaga, jadi masyarakat dapar membeli bahan pokok dengan harga terjangkau bukan hanya cabe rawit namun bahan makanan pokok yang lain (bisa) murah ya," katanya.


Adapun komoditas bahan pangan pokok yang disediakan pada GPM seperti beras, minyak goreng, gula, telur ayam, bawang, cabai rawit, cabe merah keriting, sayuran, dan olahan makanan.


Ny dewa menambahkan kedepan kolaborasi antara Badan Pangan dan Pemkab Gianyar dapat lebih ditingkatkan. Kami harap tahun 2024 Badan Pangan dapat memberikan dukungan kepada Pemkab Gianyar dalam upaya menurunkan kerawanan pangan dan gizi akibat kurangnya asupan protein bagi masyarakat.


“Harapan kami kedepannya agar program Genius pada tahun 2024 dapat menyasar Kab Gianyar. Semoga anak-anak di Kab Gianyar dapat bersaing untuk menjadi generasi penerus yang lebih sehat, kuat, dan cerdas sehingga generasi emas 2045 dapat terwujud sebagaimana kita harapkan,” ungkapnya.


Salah satu warga, Kadek Wayan (38 tahun) yang turut mengantri demi mendapatkan sembako dalam pelaksanaan GPM ini, merasa senang dan cukup terbantu dengan kegiatan yang diadakan Pemkab Gianyar ini, dan berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan Pemkab Gianyar.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Kelautan Kab Gianyar, I Gusti Ayu Dewi Hariani mengatakan bahwa ini sebagai tindaklanjut untuk mengantisipasi lonjakan kenaikan harga kebutuhan sembako dan pengendalian inflasi utamanya menjelang Natal dan Tahun Baru. 


“Menjelang Nataru Pemkab Gianyar siap dalam mencukupi kebutuhan bahan pokok. Dan ini atas kerjasama semua pihak seperti Perum Bulog, ID-FOOD, PPI, Kelurahan , Kecamatan dan unsur TNI, Polri yang selalu aktif bersinergi dalam membantu Gerakan pangan murah ini,” ujarnya

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.