BADAN PANGAN NASIONAL
Kegiatan Genius 2024 Dukung Keberlanjutan dan Percepatan Genius Tahun 2024, NFA Lakukan Pertemuan dengan AIPGI

Pelaksanaan Kegiatan GENIUS TA. 2024 merupakan keberlanjutan dari penurunan angka PoU pada provinsi pelaksana GENIUS TA. 2023 yang belum mencapai target nasional.  Hal ini disampaikan oleh Nyoto Suwignyo selaku Deputi Kerawanan Pangan dan Gizi, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) pada pertemuan Persiapan Pelaksanaan GENIUS TA 2024 di Jakarta, Kamis (25/01/2024).  


“Sasaran lokasi GENIUS TA 2024 akan dilaksanakan di 30 Kabupaten/Kota pada 10 Provinsi. Kemudian berdasarkan hasil analisis PoU dari BPS, menunjukkan bahwa Provinsi Bali telah mencapai angka 3,77%, melampaui target nasional 5% pada tahun 2024 sehingga terdapat perubahan lokasi semula Provinsi Bali menjadi Provinsi Lampung (PoU 8,81%)” Ujar Nyoto.


Menindaklanjuti hal tersebut, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi, Nita Yulianis menyampaikan terkait lokasi baru pelaksana GENIUS 2024 di Provinsi Lampung, perlu dibuat PKS antara NFA dengan AIPGI Lampung. Hal ini sebagai dasar pelaksanaan pendampingan serta sinergi dan koordinasi antara AIPGI dengan OPD Pangan daerah. 



Ketua Pelaksana kegiatan GENIUS AIPGI, Prof. Dr. Budi Setiawan mengapresiasi keberhasilan GENIUS dan keberlanjutan kerja sama antara NFA dengan AIPGI.  Berdasarkan hasil evaluasi baseline endline GENIUS TA 2023, terdapat peningkatan yang signifikan terhadap sikap, pengetahuan, perilaku pangan dan gizi serta PHBS untuk siswa, orangtua siswa dan guru.  Selain itu,  terdapat peningkatan BB TB siswa yg berdampak pada penurunan status gizi buruk dan gizi kurang pada siswa.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.