BADAN PANGAN NASIONAL
Kepala Badan Pangan Nasional Raih Penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa 2023

JAKARTA – Di tengah langkah aksi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus memperkuat tata kelola dan ekosistem pangan nasional, Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dianugerahi penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa 2023 dalam Anugerah BUMN 2023, yang digelar Rabu, (15/3/2023), di Jakarta. Penghargaan ini diraih atas kiprah positif dan rekam jejak sebagai tokoh BUMN yang mendapat kepercayaan dan berhasil masuk dalam jajaran kabinet atau pejabat publik.  

Usai menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2023 Tanri Abeng, Arief mengatakan, saat ini telah banyak insan dan pemimpin BUMN yang mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan tugas dan amanah yang lebih besar khususnya di lingkup Kementerian dan Lembaga. Hal tersebut tidak terlepas dari karakter para pemimpin BUMN yang dikenal tangguh dalam menghadapi tantangan dan distrupsi.

Ia mengakui, pengalamannya sebagai CEO BUMN memberikan banyak insight sehingga menjadi bekal dalam menjalankan tugas di tengah jabatan yang saat ini diemban. “Saya bersyukur pernah menjalankan tugas sebagai CEO BUMD, kemudian CEO BUMN, tugas tersebut memberikan banyak pelajaran dan pengalaman khususnya dalam hal managerial dan kepemimpinan. Bagaimana kita merumuskan visi, berstrategi, setelah itu driving execution. Semoga apa yang kami dikerjakan saat ini memberikan dampak dan perubahan signifikan bagi kemajuan Badan pangan Nasional dan pangan Indonesia,” ujarnya dalam testimoninya. 

Arief menuturkan, sebagai Kepala Badan Pangan Nasional banyak hal yang harus diselesaikan melalui kolaborasi dan sinergi lintas sektor dengan cakupan yang jauh lebih luas. Ia merasa, upaya untuk memanage itu semua menjadi lebih mudah karena dibantu oleh para Direktur Utama BUMN seperti BULOG, ID FOOD, serta PTPN. 

“Latar belakang pernah berkiprah di BUMN itu sangat membantu dalam membangun koordinasi yang solid dengan teman-teman BUMN. Seperti sore tadi dalam pertemuan kami dengan Pak Presiden juga hadir Dirut Pupuk Indonesia, sebelumnya dengan Dirut RNI, Dirut Bulog, jadi ini kolaborasinya kuat sekali. Konektivitas antar Kementerian/Lembaga BUMN, private sektor ini sangat baik,” paparnya.

Arief mengatakan, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa ini memberikan motivasi sekaligus tanggung jawab lebih bagi dirinya serta jajaran Badan Pangan Nasional untuk dapat menjadi contoh serta role model sehingga dapat terus meningkatkan pelayanan serta kinerja membangun sektor pangan nasional. 

Dalam penghujung testimoninya ia juga berpesan agar dalam berusaha kita semua tidak mengesampingkan kekuatan doa terutama doa orang tua. “Satu lagi pesan saya buat bapak ibu semua, tentunya ini ada peran doa orang tua, jadi doa seorang ibu itu dominan,” pungkasnya.

Sebagai bentuk penghargaan tertinggi, Anugerah BUMN tahun ini turut menyematkan penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa atas sepak terjang para peraih Best CEO yang berhasil masuk dalam jajaran kabinet dan pejabat publik.

Pada posisi pejabat publik, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa diberikan kepada Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional yang dilantik sejak Februari 2022. Arief merupkan peraih CEO BUMN Terbaik tahun 2021 saat menjabat sebagai Direktur Utama RNI atau ID FOOD, induk holding BUMN pangan.

——————————

*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

046/R-NFA/III/2023

15 Maret 2023

*Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:*

komunikasi@badanpangan.go.id


Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.