Kepala BKP Kementan Pimpin Delegasi RI dalam World Food Summit 2018 di Copenhagen

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi memimpin Delegasi RI pada Konferensi Tingkat Tinggi/ World Food Summit (WFS) " Better Food for More People " pada 29-31 Agustus lalu di Copenhagen-Denmark.


WFS dilaksanakan di empat venue utama, yaitu di _The National Parliament, Bella Center_,  _Bita Copenhagen_, dan _Borsen_.


Pertemuan yang dihadiri 1.096 peserta dari 56 negara ini dibuka oleh Tuan Puteri Denmark, Princess Marie, dan dilanjutkan dengan diskusi panel dengan narasumber dari birokrat, politisi, pebisnis, dan NGO terkait.


Menurut Agung,  KTT *_better food for more people_* diselenggarakan setiap tahun, dimulai tahun 2016 dengan fokus bahasan mengenai identifikasi tantangan global yang dihadapi, tahun 2017 fokus pada formulasi rekomendasi sebagai solusi permasalahan, dan tahun 2018 fokus pada rekomendasi dan rencana aksi.


"KTT saat ini lebih fokus pada bagaimana negara-negara membuat rencana aksi untuk mewujudkan pangan yang lebih berkualitas," ujar Agung.


Agung melanjutkan, fokus negara-negara berkembang dan maju saat ini sudah melangkah kedepan bukan hanya peningkatan produksi saja, namun sudah mengarah ke _food safety_, _food industry_ dan _food healthy_.


"Kita tentu tidak mau ketinggalan, industri makanan kita saat ini berkembang signifikan, produksi kita maksimalkan untuk mencapai target world _food basket_, dan tidak hanya itu keamanan pangan baik segar maupun olahan juga kita tingkatkan," lanjut Agung.


Kegiatan KTT _better food for more people_ ditutup oleh Menteri Lingkungan dan Pangan Jakob Ellemann-Jensen 31 Agustus 2018 lalu di Borsen.


Beberapa hal yang bisa diambil Indonesia dalam pertemuan ini adalah pentingnya penguatan sistem ketahanan pangan, utamanya tentang _food safety_ dan _food industry_. selain itu  pertemuan WFS juga memberikan kesempatan kepada Indonesia dapat bertukar pikiran dan meningkatkan kerjasama melalui _billateral meeting_.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.