Kepala BKP Terima Kunjungan SECOND MURDOCH COMMISSION

Dalam rangkaian kunjungannya ke beberapa Negara di Asia untuk mengkaji situasi dan kondisi terkini ketahanan pangan kontemporer di Asia, para pakar yang tergabung dalam Second Murdoch Commision (SMC)telah diterima Dr. Gardjita Budi, Kepala Badan Ketahanan Pangan di R.R. Nusantara II pada hari Senin tanggal 27 Juli 2015 pukul 14.00 WIB.

Delegasi SMC yang hadir dalam pertemuan ini adalah Prof. Kim Anderson (the University of Adelaide), Prof. Zhang (Deputy Director General in Ministry of Agriculture China), Mrs. Catherine Bevan-Jones (Murdoch University), dan Prof. Tahlim Sudaryanto (PSEKP Kementerian Pertanian). Adapun dari Pemri, turut hadir Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, Kepala Pusat lingkup BKP, perwakilan Pusat Kerjasama Luar Negeri Setjen, Ditjen Tanaman Pangan, Ditjen Hortikultura, dan Bagian Perencanaan Setba BKP.

Sebelumnya, tim SMC telah melakukan kunjungan ke negara Asia lainnya yakni India, Cina, dan Vietnam. Laporan hasil kunjungan ini akan dipublikasikan pada bulan Oktober 2015, memuat hasil analisis berbasis bukti mengenai tantangan ketahanan pangan di Asia serta pertimbangan praktis dan rekomendasi untuk pembangunan dan implementasi kebijakan ketahanan pangan. 

Kepala Badan Ketahanan Pangan pada kesempatan ini menyampaikan paparan mengenai situasi pangan nasional dan kebijakan terkini dalam pencapaian ketahanan pangan dan peningkatan produksi pangan. Disampaikan pula bahwa kebijakan nasional saat ini lebih menekankan pada upaya untuk memantapkan produksi pangan khususnya dari dalam negeri melalui program Upsus dan tantangan kedepan.

Beberapa isu menarik yang didiskusikan mencakup peran Indonesia di kawasan terutama kaitannya dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan APTERR, model subsidi pembangunan pertanian, tantangan upaya penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat, upaya penc

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.