Kepala NFA: Eskalasi Ekonomi BUMDes Tingkatkan Ketahanan Pangan Desa

Kiprah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mertha Rahayu di Desa Sidan,  Gianyar, Bali berhasil membangkitkan potensi desa sebagai penyangga ketahanan pangan masyarakat. BUMDes ini memiliki berbagai kegiatan antara lain menyosialisasikan pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA). Bahkan telah menandatangani MoU dengan Indonesia Chef Association (ICA) dan Dinas Pangan setempat.


Selain itu, BUMDes ini juga mengelola Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle  (TPS3R) yang mengelola sampah pangan sehingga mengurangi food loss and waste (FLW) di tingkat rumah tangga dan desa. Terdapat juga usaha mendukung ekonomi pangan melalui Agroeduwisata Puspa Aman.


Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi saat mengunjungi BUMDes Mertha Rahayu mengapresiasi kiprah BUMDes ini dalam menggerakkan ekonomi desa.

Arief berharap, skala ekonomi dari usaha pedesaan ini meningkat dan semakin memberikan manfaat lebih berupa meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


Menurut Arief, jika setiap desa melakukan hal yang sama seperti BUMDes Mertha Rahayu, maka ketahanan pangan akan terjaga, dan apa yang diharapkan oleh Presiden Joko Widodo dapat tercapai, yaitu kita tidak jatuh ke dalam krisis pangan. Hal ini penting mengingat dalam beberapa kesempatan Presiden terus mengingatkan agar kita tidak boleh lengah menghadapi ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan.


#badanpangannasional #ketahananpangan #bumdes #desa #agroeduwisata #pangan #panganlokal #kemandirianpangan #panganaman #pangankuatindonesiaberdaulat #bali #gianyar #puspaaman

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.