BADAN PANGAN NASIONAL
Kios Pangan, Upaya NFA Bersama Stakeholder Bangun Sinergi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

MALANG - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus membangun sinergi stabilisasi pasokan dan harga pangan dalam kerangka menjaga inflasi khususnya inflasi pangan tetap terkendali. Salah satu terobosan yang saat dilakukan adalah dengan membangun Kios Pangan di berbagai daerah. 

“Dalam rangka stabilisasi harga ataupun pengendalian inflasi khususnya pangan, Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional mempunyai banyak program, baik itu gerakan pangan murah atau operasi pasar, bantuan pangan, fasilitasi distribusi pangan, dan yang terakhir kios pangan,” ujar Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan NFA Maino Dwi Hartono saat melaunching Kios Pangan Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu (8/6/2024).  

Menurutnya, keberadaan Kios Pangan ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan kemudahan aksesibilitas pangan yang terjangkau bagi masyarakat. 

“Pemerintah harus hadir, baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menyediakan berbagai bahan pangan dengan harga yang lebih murah dan terjangkau, antara lain melalui outlet Kios Pangan. Harga lebih murah dan terjangkau karena di suply oleh produsen, baik itu BUMN pangan seperti Perum BULOG dan ID FOOD, BUMN pangan, petani, peternak dan pelaku pangan lainnya. Harapannya agar masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah bisa mengakses bahan pangan dengan harga yang terjangkau,” ungkap Maino. 

Badan Pangan mengapresiasi Kota Malang yang telah terlebih dahulu melaunching Kios Pangan dibanding daerah lainnya. Secara Nasional total Kios Pangan yang sudah ada sebanyak 83 outlet yang dikelola Dinas Pangan di 13 provinsi dan 69 kabupaten/kota. 

Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Dedy Prasetyo dalam kesempatan yang sama mengungkapkan dukungannya terhadap program Kios Pangan.

“Kami dari Bank Indonesia menyambut baik progam ini karena kami yakin akan melengkapi strategi pengendalian inflasi yang sudah dijalankan selama ini, menambah senjata TPID dalam pengendalian inflasi khususnya inflasi pangan,” ujarnya. 

Berdasarkan data BPS, inflasi terkendali di bulan Mei 2024 sebesar 2,84 persen (y on y), angka ini menurun dari inflasi di bulan sebelumnya sebesar 3 persen. Sementara secara bulanan (m to m), mengalami deflasi pada Mei 2024 sebesar 0,03 persen. Tingkat inflasi komponen harga bergejolak (volatile food) berkontribusi besar terhadap deflasi di angka 0,69 persen dengan andil deflasi sebesar 0,12 persen. Komoditas pangan yang dominan memberikan andil deflasi pada komponen jenis harga bergejolak antara lain beras, daging ayam ras, tomat, dan cabai rawit. 

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi dalam keterangan terpisah mengatakan, upaya pengendalian inflasi yang dilakukan secara sinergis bersama kementerian/lembaga melalui berbagai langkah strategis stabilisasi pangan menjadi salah satu kunci terjaganya laju inflasi pada Mei 2024 sesuai target pemerintah di 2,5 persen plus minus 1 persen. 

"Sinergi dan kolaborasi kementerian dan lembaga, pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten/kota serta berbagai stakeholder terkait lainnya, berkontribusi menjaga laju inflasi sehingga tetap terkendali. Komitmen bersama ini harus kita jaga terus. Dengan keberadaan Kios Pangan, kita sama-sama harapkan dapat menambah daya dorong pengendalian inflasi, karena keberadaannya akan menjadi penyeimbang pasar dan memengaruhi fluktuasi harga pangan," ujar Arief.

———————————————


*Siaran Pers*

*Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)*

---/R-NFA/VI/2024

8 Juni 2024

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

komunikasi@badanpangan.go.id

Telp : 087783220455

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.