BADAN PANGAN NASIONAL
Kolaborasi NFA dalam Upaya Pencegahan Food Waste dan Keamanan Pangan

Sejumlah tantangan dalam menghadapi situasi ketahanan pangan saat ini sebagai bagian dari ancaman krisis pangan global menjadi fokus perhatian penting pemerintah. Untuk itu Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) bersama stakeholder terkait terus melakukan upaya strategis dalam pengendalian kerawanan pangan.


Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwingnyo saat menerima kunjungan Minister Counsellor Kedubes Denmark  Hanne Larsen, Selasa (6/6/2023).


Nyoto menyampaikan bahwa sejak tahun 2022, Badan Pangan Nasional telah menginisiasi gerakan selamatkan pangan melalui dua pendekatan. "Kami fokus pada upaya mencegah terjadinya pemborosan pangan melalui penetapan kebijakan dan sosialisasi/promosi stop boros pangan serta fasilitasi mobil logistik pangan dan food truck untuk menyalurkan pangan berlebih kepada masyarakat yang membutuhkan. Hingga Juni ini telah 41.5 ton pangan berlebih yang berhasil diselamatkan" ujar Nyoto.


Minister Counsellor Denmark, Hanne Larsen memaparkan bahwa pemerintah Denmark telah bekerjasama dengan pemerintah Republik Indonesia dan sudah memiliki rencana aksi 2021-2024. "Salah satu isu yang diangkat adalah pengelolaan food loss and waste (FLW) dan Keamanan  pangan. Kami ingin intensif membahas isu ini dengan Badan Pangan Nasional." ujar Larsen


Di Indonesia sendiri, menurut kajian Bappenas FLW yang terjadi pada tahun 2000-2019 berkisar 23-48 juta ton per tahun, setara dengan 115–184 kilogram per kapita per tahun, yang berarti per orang menyumbang sekitar 1 (satu) hingga 2 (dua) kwintal sampah pangan per tahun. Hal ini juga berdampak pada kerugian ekonomi Rp213-551 triliun per tahun atau setara 4-5% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontribusi FLW juga setara dengan 7,29% emisi Gas Rumah Kaca Indonesia.


Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam kesempatan terpisah mengatakan gerakan mengurangi Food Lose and Waste (FLW) memiliki urgensitas tinggi, karena berkorelasi erat dengan penanganan rentan pangan dan gizi yang saat ini tengah didorong pemerintah. 



#BadanPanganNasional #NationalFoodAgency #NFA #Pangan #PanganNasional #KetersediaanPangan #KeamananPangan #MakanEnak #MakanSehat #B2SA #Kolaborasi #Foodwaste #FLW

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.