BADAN PANGAN NASIONAL
Kolaborasi NFA dengan BSSN dalam melindungi Infrastruktur Informasi Vital Pangan Nasional

Keamanan siber sangat penting karena sektor pangan merupakan salah satu sektor strategis yang berdampak pada pemenuhan kebutuhan dasar setiap individu. Dengan data dan informasi pangan yang aman dapat mendukung sinergi program dan kegiatan ketahanan pangan yang ada di Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA)


Pernyataan tersebut disampaikan langsung Sekertaris Utama Badan Pangan Nasional / National Food Agency (NFA) Sarwo Edhy pada pertemuannya dengan Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, Slamet Aji Pamungkas, Selasa (6/6/23).


Dalam paparannya, Sarwo menjelaskan hal ini sangat penting sebagai dasar untuk mengetahui situasi kondisi keamanan data pangan, hal ini merupakan salah satu komitmen pemerintah sebagai dasar pengambilan kebijakan yang tepat sebagaimana ditekankan Presiden Joko Widodo.


“ini merupakan Tindakan preventif yang dapat kita lakukan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Dengan data dan informasi pangan yang aman dapat mendukung sinergi program Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA).” Ungkapnya.


Slamet Aji Pamungkas, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN menjelaskan, perlunya pembentukan tim tanggap insiden siber, sebagai unit reaksi cepat yang secara global mungkin dikenal dengan nama Computer Security Incident Response Team (CSIRT), yang mana nantinya Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Sebagai Pembina sector CSIRT Pangan.


“Kami punya tugas memonitor cyber yang ada di dunia maya untuk melihat anomali jalur internet serta menganalisis dan merespon ancaman keamanan sistem informasi serta memberikan layanan penanganan insiden keamanan siber untuk meminimalisasi kerusakan dan memungkinkan pemulihan yang efisien dari insiden keamanan siber.


#badanpangannasional #pangankuatindonesiaberdaulat

#pangan #panganaman #pangansegar #keamananpangan #keamananpangansegar 


#kalautidakamanbukanpangan #keamananpangantanggungjawabkita

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.