BADAN PANGAN NASIONAL
Kolaborasi NFA dengan GAPMMI Terus Diperkuat Untuk Gerakan Selamatkan Pangan Cegah Food Waste

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menggencarkan sosialisasi kepada seluruh elemen tentang Gerakan Selamatkan Pangan (GSP) untuk Pencegahan Food Waste, termasuk kepada pelaku usaha yang terhimpun dalam Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI).


Direktorat Kewaspadaan Pangan dan Gizi NFA melakukan sosialisasi GSP untuk Pencegahan Food Waste pada kegiatan Member Gathering dalam rangkaian SIAL Interfood Expo di JIExpo Kemayoran Jakarta, Kamis (9/11/2023).


Nita Yulianis, Direktur Kewaspadaan Pangan dan Gizi menyampaikan urgensi Gerakan Selamatkan Pangan, kerangka kebijakan serta mekanisme pengaturan donasi pangan berlebih dari pihak swasta  untuk tetap menjaga mutu dan keamanan pangan donasi.


"Kolaborasi pentahelix, terutama industri makanan dan minuman dalam hal penyelamatan pangan berlebih sangat dibutuhkan untuk mendukung terentaskannya kerawanan pangan dan gizi. Beberapa industri makanan dan minuman telah bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional diantaranya PT Savoria dan Nestle" jelas Nita. 


Melalui pertemuan ini diharapkan dapat menjaring mitra yang lebih luas lagi. Mengingat pada tahun 2023 ini, GSP telah diperluas pada 12 Provinsi sehingga mitra swasta dapat juga terhubung dengan OPD Pangan daerah. 


Secara umum, seluruh pengurus dan anggota GAPMMI menyambut baik inisiatif pemerintah melalui GSP untuk cegah food loss and waste serta siap melakukan kolaborasi.



Hadir pada pertemuan ini Ketua Umum GAPMMI, para pengurus dan 200 anggota GAPMMI seluruh Indonesia.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
ID FOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.