Kunjungan DPRD Kab. Balangan Kalimantan Selatan ke Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian

Mengawali tahun 2014, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian menerima kunjungan DPRD Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Kunjungan yang dilakukan pada Selasa, 28 Januari 2014 tersebut untuk mendapatkan penjelasan tentang Undang-undang No.18 Tahun 2012 tentang Pangan agar dapat diterapkan dalam bentuk peraturan daerah.

Dalam kesempatan ini, Kepala Bagian Umum Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian mewakili Sekretaris Badan menerima rombongan berjumlah 7 orang anggota DPRD dan 6 orang pendamping, dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Kab. Balangan, Sumarso di ruang rapat Nusantara lantai II Gd. E Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Balangan,  Fahrudin Zafur Zumry dalam diskusi ini menyampaikan tentang kondisi ketahanan pangan di kabupaten tersebut. “Kabupaten Balangan surplus beras sekitar 60 ribu ton”, demikian dikatakan oleh Fahrudin. “Namun demikian, kedepan hal ini harus mendapat perhatian karena mulai ada keengganan petani untuk bercocok tanam, karena kalah menarik bila dibandingkan dengan perkebunan” tambah Fahrudin.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, DPRD Kab. Balangan berinisiatif untuk membuat peraturan daerah tentang lahan pertanian guna melindungi alih fungsi lahan pertanian menjadi perkebunan dan tambang.

Untuk mendukung pembangunan ketahanan pangan di daerah, Ketua Komisi II DPRD Kab. Balangan, Sumarso menyatakan akan mendukung secara penuh apa yang akan dilakukan pemda. “Kami selaku minta kerja pemerintah, akan mendukung bahkan berinisiasi membuat regulasi untuk memperkuat ketahanan pangan di Kab. Balangan.” Kata Sumarso yang juga mantan penyuluh pertanian.

BADAN PANGAN NASIONAL  
Sejak 25/01/2023
Kantor
Jalan Harsono RM No.3, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12550
(021) 7807377
nfa_official@badanpangan.go.id
Media Sosial
Tautan Terkait
Kementerian Pertanian
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Kementerian Kesehatan
Kementerian Perdagangan
Kementerian Komunikasi dan Informatika
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika
Badan Pusat Statistik Indonesia
Badan Informasi Geospasial
Perum BULOG
IDFOOD
Copyright © 2024 Badan Pangan Nasional. All Rights Reserved.